Ini Negara yang Jadi Destinasi Wisata Terbaik 2019 - Male Indonesia
Ini Negara yang Jadi Destinasi Wisata Terbaik 2019
MALE ID | Relax

Berdasarkan data dari perusahaan riset yang berbasis di Britania Raya, Euromonitor International, Hong Kong berhasil menempati peringkat teratas dalam 100 Destinasi Wisata Terbaik 2019 dengan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 26 juta kunjungan selama tahun ini.

Gambar oleh Marci Marc dari Pixabay

Prestasi ini cukup mengejutkan sebab sejak Juni lalu terjadi demonstrasi besar-besaran di Hong Kong. Demonstrasi tersebut bahkan mengakibatkan penutupan Bandara Hong Kong yang juga membuat ratusan penerbangan dibatalkan.

Kondisi ini tak ayal membuat para wisatawan menjadi enggan berkunjung ke Hong Kong. Euromonitor bahkan mencatat terjadi penurunan jumlah kunjungan wisatawan ke Hong Kong sebanyak 8,7 persen. Tahun 2018 lalu, jumlah kunjungan turis ke Hong Kong tercatat sebanyak 30 juta orang. Meski turun cukup drastis, nyatanya Hong Kong tetap tercatat sebagai kota paling favorit yang dikunjungi oleh wisatawan dunia.

 
 
Dalam laporannya, Euromonitor juga menyoroti tentang fenomena overtourism yang terjadi di beberapa kota besar dan akhirnya berdampak negatif bagi kota tersebut. Adanya fenomena ini kemudian membuat banyak kota mulai melakukan langkah pencegahan agar kotanya tak lagi diserbu turis terutama turis-turis nakal.

Terlepas dari isu overtourism, Euromonitor mencatat bahwa kota besar tetap menjadi destinasi wisata pilihan. Tahun ini, daftar 100 Destinasi Wisata Terbaik 2019 banyak didominasi oleh kota-kota dari kawasan Asia. Hal itu disebabkan oleh tumbuhnya jumlah turis asal China.

Sayangnya tahun ini kota-kota wisata di Indonesia, seperti Bali atau Lombok, belum berhasil masuk peringkat sepuluh besar. Dalam daftar tersebut Denpasar berada di peringkat 32, Jakarta menempati peringkat ke 57, dan Batam di posisi 91.

Keunikan yang Hanya Ada di Hong Kong
Selain dinobatkan sebagai destinasi wisata terbaik 2019, nyatanya Hong Kong juga memegang gelar sebagai kota metropolis dan simbol status sosial di Asia.  Namun di balik semua pesona yang ditawarkan oleh Hong Kong, negara yang  menggunakan bahasa Yingyu dan bahasa Kanton sebagai bahasa resmi ini  ternyata menyimpan segudang fakta unik.

Kenuikan pertama yang ada di Hong Kong adalah, seluruh kuil yang ada di Hong Kong  harus menghadap ke arah laut. Hal ini dikarenakan warga Hong Kong amat  percaya fengshui, dan arah laut dipercaya akan membawa keberuntungan.

Selain itu, perlu Anda ketahui, bahwasannya hampir setiap warga Hong Kong memelihara burung pipit atau burung  berkicau di rumah mereka. Mereka bahkan gemar mengajak peliharaannya  tersebut berjalan-jalan dan duduk di warung kopi pada sore hari.

Selain itu, Hong Kong juga merupakan negara dengan harga rumah paling mahal di dunia.  Untuk bisa membeli apartemen seluas 90 meter persegi saja, warga lokal  dengan pendapatan rata-rata membutuhkan waktu 30 tahun untuk  mencicilnya.

Yang mungkin bikin Anda takjub adalah, plat kendaraan merupakan simbol status sosial di Hong Kong. Ada sangat  banyak plat kendaraan bernomor bagus yang dilelang dan laku seharga  belasan juta dolar Hong Kong. *** 

SHARE