6 Kesalahan Makan Pagi yang dapat mengganggu diet - Male Indonesia
6 Kesalahan Makan Pagi yang dapat mengganggu diet
MALE ID | Sex & Health

Menjadi ritual penting untuk memulai hari Anda. Makan pagi banyak memberikan manfaat yang penting bagi tubuh. Sayangnya untuk tujuan kesehatan dan juga diet, tidak sedikit kesalahan yang dilakukan yang justru berakibat berbeda dari apa yang diinginkan. Berikut beberapa diantaranya.

Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

Terlalu Banyak Gula dan Creamer pada Kopi
Mengawali hari dengan secangkir kopi banyak dilakukan yang bertujuan untuk memberikan fokus dan energi tambahan. Namun dengan tambahan gula dan creamer, justru akan memberikan ekstra kalori dan gula yang berlebihan dapat mengakibatkan energy crash nantinya.

Dehidrasi
Setelah bangun tidur di pagi hari, sering kali tubuh berada dalam kondisi kurang cairan atau dehidrasi. Aktivitas olahraga pagi atau aktifitas harian yang dilakukukan tanpa melakukan hidrasi atau minum dapat berbahaya bagi kesehatan. Khususnya jika berolahraga, konsumsi air sangat membantu untuk memberikan tenaga tambahan, menghilangkan kelelahan, dan membantu tubuh untuk terhindar dari cedera.

Korban Produk Instan
Banyak sekali produk yang ditawarkan produsen dalam bentuk makanan dan minuman mengklaim bahwa apa yang mereka hadirkan dapat memberikan manfaat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Sayangnya konsumen tidak sedikit yang terjebak dengan kata-kata manis yang tercantum pada kemasan produk tersebut.

Untuk itu, biasakan untuk membaca nutrition fact yang ada pada kemasan untuk melihat apa saja yang ada didalamnnya yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jangan tertipu dengan kata Low Sugar, Low Fat, atau High Protein, yang terkadang memiliki konten lain sebagai pengganti yang juga memiliki risiko bagi kesehatan.

Memilih Sumber Karbohidrat
Karbohidrat sebagai sumber tenaga begitu penting, sayangnya untuk sumber makanannya sendiri dapat menimbulkan masalah yang bisa mengganggu kesehatan dan diet Anda nanti. Sumber karbohidrat yang memiliki serat rendah dan high glycemic index values, dapat dicerna cepat oleh tubuh yang mengakibatkan Anda cepat lapar yang bisa berdampak pada budaya ngemil sebagai cara  untuk menunda lapar sebelum makan siang yang justru menambah kuantitas kalori yang berlebihan nantinya.

Jus Buah di Pagi Hari
Tidak berbeda jauh dari sebelumnya, jus buah merupakan pembicaraan hangat di dunia kesehatan akan cara lain untuk menikmatinya, yang kabarnya justru mengurangi serat dari buah itu sendiri. Ditambah lagi dengan kandungan gula pada jus kemasan dan topping tambahan seperti susu cair sering dijadikan cara untuk bisa lebih menikmati jus buah, dapat mengganggu diet Anda nantinya.

Sarapan Membosankan
Sering kali makan pagi, menjadi hal yang lekat dengan makanan identik yang mengikutinya. Untuk menjadikan sarapan hal yang menyenangkan, cobalah untuk mencoba menu-menu baru yang sehat.

SHARE