Cara Menolak yang Tepat Saat Diminta Kerja Gratis - Male Indonesia
Cara Menolak yang Tepat Saat Diminta Kerja Gratis
MALE ID | Works

Jika Anda seorang ahli atau memiliki minat khusus pada sesuatu, Anda kemungkinan akan diminta untuk membantu orang lain di bidang tertentu. Misalnya, jika Anda berbakat dalam desain grafis, Anda dapat membantu teman membuat gambar untuk situs web pribadi mereka, atau jika Anda seorang manajer perekrutan, Anda dapat mengedit resume sepupu Anda.

Gambar oleh Lukas Bieri dari Pixabay

Tidak ada yang salah dengan membantu seseorang, terutama jika Anda menemukan kesenangan dalam melakukannya, tetapi waspadalah terhadap mereka yang memanfaatkan keahlian Anda.

"Begitu Anda mulai bekerja secara gratis untuk teman-teman Anda (atau keluarga), itu bisa menjadi lereng yang licin," kata Vicki Salemi, pakar karier di  Monster.com.  "Waktu dan bakat Anda tidak dihargai," tambahnya seperti dikutip dari laman Businessnewsdaily.

Ketika Anda megalami stres dengan permintaan dan Anda tidak bisa menolaknya, maka Anda perlu belajar bagaimana mengatakan "tidak". Berikut ini cara menolak kerja dengan gratis.

Berikan Diskon
Alih-alih menawarkan layanan Anda tanpa harga, turunkan tarif tipikal Anda dengan persentase tertentu (mis. Diskon 20 persen untuk anggota keluarga.) Ini akan menunjukkan kepada orang yang Anda cintai bahwa mereka spesial bagi Anda.

Namun, jika Anda akan menawarkan diskon, jelaskan bahwa itu bukan untuk semua orang, dan mereka tidak boleh didiskusikan secara terbuka dengan orang lain.

Membuat Kesepakatan
Uang bukanlah segalanya. Ada banyak cara lain yang bisa Anda berikan kompensasi untuk pekerjaan Anda, seperti iklan gratis atau ulasan yang menarik. Mungkin orang yang Anda bantu dapat membantu Anda juga. Apakah mereka memiliki bidang keahlian di mana Anda memiliki kekurangan.

Mungkin Anda seorang penulis, dan mereka adalah seorang terapis, Anda dapat mengedit posting blog untuk situs web profesional mereka, dan mereka dapat bertindak sebagai sumber untuk artikel yang Anda tulis tentang kesehatan. Ada banyak pengaturan berharga yang dapat Anda buat jika Anda berpikir out of the box, dan bersedia memintanya.

Dalam artikel di Inc., Amy Morin menulis bahwa hanya ada empat kali Anda harus bekerja secara gratis: ketika Anda mendapatkan paparan, ketika Anda memperluas pengalaman kehidupan nyata Anda, ketika Anda mendapatkan tambahan berharga untuk resume Anda, dan untuk yang Anda yakini. Jika kesepakatan Anda tidak melibatkan alasan-alasan ini, jangan disetujui.

Jujur
Jika Anda merasa tidak nyaman, beri tahu orang itu. Jangan lakukan apa pun untuk menyenangkan mereka, terutama jika itu dengan biaya Anda. Jadilah mentor Anda sendiri, dan pikirkan apa yang terbaik untuk Anda.

Selain itu, klien yang tidak membayar harus menyediakan alat dan sumber daya yang Anda butuhkan untuk melakukan pekerjaan Anda, sehingga Anda tidak perlu membuat modal sendiri, seperti perlengkapan seni atau perangkat lunak tertentu. Anda seharusnya tidak pernah memasukkan uang ke dalam pekerjaan "gratis" Anda, jika Anda tidak mendapatkan uang.

SHARE