Jaz, Pesepakbola Muda yang Jadi Penyanyi - Male Indonesia
Jaz, Pesepakbola Muda yang Jadi Penyanyi
MALE ID | News

Belum lama ini, penyanyi asal Brunei Darussalam merisil single "Bagaimana Bisa". Single ini berbeda dari karya-karya sebelumnya. Pasalnya, di single ini, Jaz melepas ungkapan patah hati pertama yang berawal dari media sosial.

Photo: doc. Pribadi

Single "Bagaimana Bisa" sendiri merupakan hasil buah tangan musisi Ivan Alidiyan. Dia mengunggah sejumlah lagu ciptaannya melalui Instagram. 

"Dari pertama mendengarkan cuplikan lagu ini, saya sudah langsung suka, ini adalah tipikal lagu yang saya banget, sesuatu yang ingin saya nyanyikan, dan ada perasaan sedikit takut diambil lebih cepat oleh penyanyi lain," ungkap Jaz dalam keterangan tertulis.

Lirik "Bagaimana Bisa" secara lugas bercerita tentang rasa percaya dan cinta yang dicelakai oleh pengkhianatan tanpa sepengetahuan. Ekspektasi untuk menjalani hubungan berlandaskan kepercayaan terhadap pasangan pupus ketika janji diingkari.

Sebelumnya, pada 2016 Jaz sempat mengeluarkan single pertamanya, "Dari Mata". Proses terciptanya lagu ini dari ide sampai jadi bisa dibilang tak instan. Dibutuhkan waktu empat bulan untuk Jaz merampungkan materi tersebut. 

Dari segi lirik sampai melodi dasar lagu "Dari Mata" merupakan bikinannya. Kemudian, pada awal tahun 2017, Jaz merilis singel keduanya yang berjudul "Kasmaran". Dan kedepan setelah mirilis single terbarunya "Bagaimana Bisa", ia kini sedang mempersiapkan album solo-nya.

Photo: doc. Pribadi

Meski kini sukses dengan single-single yang ia telurkan sejak 2016, pria yang memiliki darah Indonesia ini juga sempat menekuni bidang sepakbola. Dari berbagai sumber, Jaz pernah bergabung dalam Timnas U-16 Brunei Darussalam dan pernah ikut turnamen di Thailand pada 2007.

Sepak bola memang dunia yang ia fokuskan saat masih remaja. Saking cintanya dengan sepakbola, Jaz pun rajin untuk berlatih, agar ia bisa menjadi atlet sepak bola profesional. Sedangkan dunia musik, saat itu masih ia anggap sebagai hiburan. Sampai akhirnya, ia mengenal musik R&B dan mengubah impiannya.

Karier Jaz di bidang musik justru dimulai dengan menjadi penyanyi di acara pernikahan. Ia juga aktif menulis dan merekam lagu. Salah satu lagu ciptaannya, I Stalk Your Profile, disebarluaskan Jaz lewat situs berbagi video YouTube. 

Berkat video itu Jaz diminta tampil di Anugerah Planet Muzik (APM) pada 2013. APM adalah acara penghargaan untuk musisi di negara rumpun Melayu seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

SHARE