Mendapat Kritik Tak Adil, Harus Bagaimana? - Male Indonesia
Mendapat Kritik Tak Adil, Harus Bagaimana?
MALE ID | Works

Mendapat kritik dari atasan tampaknya wajar dan pastinya bisa dialami setiap karyawan. Namun, terkadang kritikan yang diperoleh terbilang tak adil dan dapat menyebabkan Anda sakit hati, malu, hingga frustasi.

Photo by Dylan Gillis on Unsplash

Agaknya sulit untuk mengetahui bagaimana caranya Anda merespon hal tersebut dan mendapatkan kembali harga diri Anda. Oleh karena itu, berikut ini cara yang bisa Anda lakukan demi menanggapi kritik tak adil dari atasan.

Tetap berusaha profesional

Satu hal yang lebih buruk daripada mendapat kritik tak adil di depan umum oleh atasan adalah menanggapinya dengan cara yang dianggap tidak profesional. Menjaga ketenangan saat menerima kritik akan meminimalkan kerusakan image Anda.

Untuk bersikap profesional, ketika dikritik, Anda harus menjaga pikiran agar tenang dan jerih. Ini membantu Anda memikirkan pertanyaan yang bagus untuk diajukan. Tidak perlu bersikap melawan. Ketimbang meminta bukti, Anda bisa menanyakan kejelasan mengenai permasalahan yang dibicarakan.

Bikin jadwal bertemu

Jika atasan tampaknya sangat tidak senang dengan Anda saat menyampaikan kritiknya, bikin janji atau jadwal pertemuan bersama atasan setelah Anda punya waktu untuk membahas pokok permasalahan.

Pertanyaan Anda pasti lebih masuk akal, dan akan dianggap lebih kredibel dibandingkan Anda mengajukan pertanyaan sesaat setelah kritik disampaikan.

Temukan penengah

Jika Anda melihat pola kritik yang tidak adil dari atasan, Anda harus mempertimbangkan membawa manajer atau seseorang dari SDM untuk melihat bagaimana Anda bekerja.

Orang ketiga mungkin dapat menjelaskan keadilan kritik. Selama orang yang Anda pilih tidak pro kepada atasan, Anda akan memperoleh manfaat.

Dokumentasikan semua yang dilakukan

Terkadang menyimpan catatan terperinci dari setiap tugas yang diterima dan semua yang dilakukan dapat membantu ketika Anda menerima kritik. Jika Anda bisa dengan sopan menunjukkan bukti, atasan mungkin bisa mengambil pelajaran akan hal itu. Namun, pastikan bahwa bukti itu tidak membuatnya kesal.

Minta saran sederhana

Semua orang mengerti bahwa mudah untuk mengkritik tetapi sulit menerima saran yang baik dan dapat diimplementasikan. Segera setelah Anda memahami kritik yang diterima, mintalah saran pada atasan Anda secara spesifik dan dapat ditindaklanjuti tentang apa yang seharusnya Anda lakukan guna meningkatkan kinerja. [MI]

SHARE