Kampanye Peduli Kanker, Kolaborasi KAVA dan Gatsby - Male Indonesia
Kampanye Peduli Kanker, Kolaborasi KAVA dan Gatsby
MALE ID | Whats Up

Dalam upaya meningkatkan kepedulian terhadap penyintas kanker di Indonesia, KAVA, agensi kreatif independen yang berbasis di Jakarta menciptakan kampanye "Bareng Gatsby Terus" untuk salah satu produk unggulan PT. Mandom Indonesia, Gatsby. Melalui gerakan ini, Gatsby memfasilitasi kegiatan potong rambut dan penataan rambut gratis yang dilakukan secara serempak di barbershop rekanan yang tersebar di wilayah Jabodetabek pada tanggal 30 Oktober 2019 lalu. Gerakan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan dukungan bagi para penyintas kanker yang telah berhasil melalui proses kemoterapi yang kerap menyebabkan kerontokan rambut.

Gatsby - Male IndonesiaRambut yang rontok pasca kemoterapi acapkali menimbulkan kecemasan yang pada akhirnya dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri seorang penyintas kanker. Untuk itu, Gatsby bersama dengan CISC (Cancer Information and Support Center) ingin mengapresiasi perjuangan mereka sekaligus mendorong masyarakat agar dapat lebih menghargai dan merawat rambutnya.

Aji Pangarso Utomo, Advertising Section Leader Mandom Indonesia mengungkapkan, "Prevalensi penderita kanker di Indonesia terus mengalami peningkatan dari tahun ketahun. Angka kejadian penyakit kanker di Indonesia (136.2/100.000 penduduk) berada pada urutan 8 di Asia Tenggara dan berada pada urutan ke-28 di Asia. 

 

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa Kampanye Bareng Gatsby Terus merupakan komitmen kami dalam mendukung perjuangan para penyintas kanker dalam menghadapi masa sulit yang mereka hadapi dan mengembalikan kepercayaan diri mereka pasca kemoterapi.

Selain memfasilitasi pemotongan rambut dan penataan rambut secara gratis, Gatsby juga turut mengajak masyarakat untuk memberikan semangat positif kepada penyintas kanker dengan melakukan pemindaian kode QR yang terdapat pada media cetak, barbershop rekanan yang tersebar di wilayah Jabodetabek, dan sosial media Gatsby. Pemindaian kode QR ini akan mengarahkan masyarakat pada link video di Youtube yang menceritakan kisah inspiratif perjuangan hidup seorang penyintas kanker stadium 4 dalam menghadapi kerontokan rambut sebagai efek dari kemoterapi.

Gatsby- Male Indonesia

Kisah yang digambarkan dalam video tersebut adalah sekelumit gambaran dari apa yang dihadapi oleh penderita kanker di Indonesia. Menurut data Riskesdas, prevalensi tumor/kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1.4 per 1000 penduduk di tahun 2013 menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018. Adapun menurut data Globocan menyebutkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus baru dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, dimana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker. Data tersebut juga menyatakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan, meninggal karena kanker.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan masyarakat terhadap kampanye ini. Tercatat Lebih dari 200 orang dengan sukarela memotong rambut mereka dan menggunakan produk penataan rambut dari Gatsby dan lebih dari 40.000 orang yang telah menyaksikan serta memberikan respon positif terhadap video yang kami tayangkan di Youtube dalam kurun waktu 3 hari”, ungkap Irwan Wahyudianto, CEO KAVA.

Pihak Gatsby akan mengkonversi jumlah partisipasi aktif masyarakat baik yang dilakukan secara offline maupun online ke dalam nominal Rupiah yang kemudian akan didonasikan kepada pihak CISC guna  membantu perjuangan para penyintas kanker.

 
SHARE