Countdown, Saat Kematian Ditentukan Lewat Aplikasi - Male Indonesia
Review Film
Countdown, Saat Kematian Ditentukan Lewat Aplikasi
MALE ID | Review

Pernah membayangkan apa jadinya kalau ada sebuah aplikasi yang membuat Anda bisa mengetahui sisa hidup Anda di dunia ini dengan tepat? Barangkali terdengar seram dan mengerikan. Setidaknya itulah yang tersaji di film Countdown.

Countdown merupakan film bernuansa horror/thriller asal Amerika yang ditulis dan disutradarai oleh Justin Dec. Ini menjadi directorial debut sang sutradara untuk feature movie. Sebelumnya, ia lebih banyak memegang peran sebagai asisten sutradara di sejumlah film pendek seperti Lazy Me (2012), dan Boats (2013).

Sedangkan tokoh utamanya, Elizabeth Dean Lail atau Elizabeth Lail, dikenal sejak perannya di Once Upon a Time (2014), Dead of Summer (2016), serta You (2018), di mana ia memerankan karakter Guinevere Beck. Bermain di film horror seperti Countdown adalah pengalaman keduanya usai Dead of Summer.

Pemeran lain yang turut membintangi Countdown yakni Jordan Calloway (as Matt), Talitha Eliana Bateman (Jordan), serta Peter Facinelli (Dr. Sullivan).

Quinn Harris (Elizabeth Lail), yang kesehariannya berprofesi sebagai perawat di sebuah rumah sakit di Amerika, mengunduh aplikasi bernama Countdown. Awalnya, ia hanya iseng melakukan hal tersebut.

Begitu mendapati bahwa sisa hidupnya tinggal dua hari lagi, ia pun merasa dirinya dalam bahaya. Quinn semakin panik karena menemukan korban dari aplikasi yang sama.

Hari demi hari Quinn mencari jalan keluar, ia pun bertemu Matt, yang juga mengalami hal serupa. Bak sudah jatuh tertimpa tangga, Quinn dipecat dari rumah sakit tempatnya bekerja karena difitnah telah menggoda Dr. Sullivan saat tengah mengobati pasien.

Hubungan Quinn dan sang adik, Jordan juga dilanda masalah. Mereka relatif sering berselisih, usai ibunda mereka meninggal dunia. Namun kedekatan keduanya mulai tumbuh pasca Jordan juga mengalami nasib serupa dengan sang kakak, waktu hidup yang tinggal sebentar.

Berbagai upaya dilakukan Quinn, Matt, dan Jordan untuk ‘mengelabui’ kematian mereka, termasuk meretas aplikasi tersebut dan meminta bantuan kepada pendeta.

Karena bernuansa horror, penonton bisa menemukan beberapa scene di ruang gelap atau momen yang lumayan mengejutkan hingga membuat jantung berdegup lebih cepat. Sangat seram memang, hanya saja tidak menampilkan terlalu banyak darah ketimbang film horor lainnya.

Pesan yang dibawakan oleh Elizabeth Lail, sang pemeran utama, juga tersampaikan jelas ke penonton. Rasa ketakutan, kehilangan seseorang yang dicintai, serta amarah dan nafsu untuk membunuh ditunjukkan secara eksplisit.

Jika Anda adalah penggemar film horror yang menyukai kejutan-kejutan tak terduga, jangan lewatkan Countdown sebagai film wajib tonton di waktu liburan Anda. [GP]

SHARE