Trofi Sepakbola yang Namanya dari Pesepakbola - Male Indonesia
Trofi Sepakbola yang Namanya dari Pesepakbola
MALE ID | Sport & Hobby

Penghargaan atau trofi di dunia sepakbola tidak hanya Ballon d'or, tapi juda ada Yachine Trophy, Kopa Trophy, dan lain sebagainya. Nah, sejumlah penghargaan di dunia sepakbola itu mengambil nama dari pemain sepakbola di zamannya atau di era sebelumnya. 

Photo: Olsjoh/Wikipedia

Nama-nama pesepakbola yang menjadi nama penghargaan atau trofi, tentu bukan pemain sepakbola biasa. Mereka punya peran yang cukup besar untuk dunia sepakbola di suatu liga atau negara atau dalam sepakbola secara keseluruhan dan kemudian diabadikan dalam sebuah nama penghargaan atau trofi.

Menutip dari berbagai sumber, berikut adalah lima penghargaan atau trofi yang namanya diambil dari pemain sepakbola.

Jules Rimet Trophy
Trofi Jules Rimet atau yang dikenal dengan Piala Dunia merupakan trofi yang diambil dari mantan Presiden FIFA, Jules Rimet. Dia dianggap cukup berpengaruh untuk mengadakan turnamen sepakbola antar negara secara global.

Peraih pertama trofi ini adalah Uruguay pada tahun 1930 dan rutin diadakan setiap empat tahun, kecuali 1942 dan 1946 akibat Perang Dunia II. Trofi ini sempat hilang pada tahun 1966 setelah Inggris dinobatkan sebagai juara. 

Lalu, trofi ini diberikan secara permanen kepada Brasil pada 1970, saat mereka menjuarai Piala Dunia untuk ketiga kalinya. Trofi ini kemudian kembali menghilang pada tahun 1983.

Saat ini, Anda mengenalnya dengan FIFA World Cup. Brasil menjadi pemegang gelar terbanyak, yakni lima kali, diikuti dengan Italia dan Jerman yang juara di empat edisi.

FIFA Puskas Award
Diambil dari nama kapten Hungaria dan juga legenda Real Madrid, Ferenc Puskas, gelar FIFA Puskas diberikan untuk pencetak gol paling indah dalam satu tahun. Gelar ini mulai diberikan pada tahun 2009, ketika itu Cristiano Ronaldo menjadi pemenang pertama.

Nama-nama seperti Neymar, Zlatan Ibrahimovic hingga Hamit Altintop pernah merasakannya sampai Mohd Faiz Subri dari Malaysia mendapatkannya di edisi 2016.

Johan Cruyff Shield
Layaknya Community Shield di Inggris, Johan Cruyff Shield mempertemukan juara Eredivisie Belanda dengan pemenang KNVB Cup. Gelar ini diberikan sejak tahun 1996 dan terus dilakukan tiap musim. 

PSV Eindhoven merupakan pemenang terbanyak dengan 10 gelar, sementara Ajax Amsterdam, klub yang dibela Cruyff 'hanya' menjadi pemenang dalam lima edisi.

Pichichi Trophy
El Pichichi merupakan penghargaan untuk pemain dengan jumlah gol terbanyak dalam satu musim di La Liga. Nama Pichichi sendiri diambil dari Rafael 'Pichichi' Moreno, legenda Atletico Bilbao. Ia merupakan penyerang yang sangat tajam namun harus meninggal di usia 29 tahun pada 1922.

Sejak tahun 2009, hanya dua nama yang mampu meraih gelar ini, yakni Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo sebelum di musim 2015/16, Luis Suarez merusak dominasi keduanya.

Yashin Award
Dikutip dari salah satu kiper terbaik di eranya, Lev Yashin, Yashin Award menganugerahi penjaga gawang dengan penampilan terbaik di ajang Piala Dunia. Dua orang terakhir yang mendapatkan penghargaan ini adalah Oliver Khan pada 2002 dan Gianluigi Buffon pada 2006. Sejak Piala Dunia 2010, penghargaan tersebut berubah nama menjadi Golden Gloves. *** (SS)

SHARE