Hummer Dihidupkan Kembali dengan Ubahan Total - Male Indonesia
Hummer Dihidupkan Kembali dengan Ubahan Total
MALE ID | Sport & Hobby

General Motors, perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, kabarnya berencana untuk menghidupkan kembali salah satu produk Hummer. Merek yang identik dengan kendaraan pick up dan SUV besar nan lebar ini bakal merilis model listrik.

Photo: Pixabay

Seperti dinukil dari Reuters, produksi Hummer akan dimulai di fasilitas perakitan GM di Detroit-Hamtramck, Amerika Serikat, pada akhir tahun 2021. Kode produksi bernama BT1 electric truck/SUV itu pun memiliki nilai investasi sebesar 3 miliar USD (setara 42 triliun rupiah).

Hummer listik versi pick up nantinya akan dibuat dengan jumlah terbatas pada 2021. Serta varian dengan kemampuan offroad melenggang pada 2022. Sementara versi SUV listrik dipasarkan di tahun 2023.

Bukan cuma itu, produksi tidak hanya berfokus pada produk Hummer semata. GM juga berencana akan meluncurkan Cadillac listrik berwujud crossover dan GMC listrik berbodi pick up.

Adapun, produk SUV dalam proyek BT1 akan mengusung konsep kendaraan listrik baru. Termasuk model sasis ‘skateboard’ yang sebelumnya dipopulerkan Elon Musk lewat Tesla. Konsep sasis tersebut menyatukan motor listrik dan baterai.

Melalui model listrik, tentunya menjadi kabar baik bagi para pecinta Hummer yang sejatinya merupakan versi legal dari kendaraan militer Angkatan Bersenjata Amerika Serikat legendaris, yakni Humvee.

Pada 1998, GM menilai bahwa Humvee diprediksi akan diminati masyarakat jika dibuat versi sipil. Hak cipta Humvee pun dibeli GM dan lahirlah versi on the road dari Humvee bernama Hummer H1.

Lalu secara berturut-turut, pada tahun 2002 dan 2005, GM meluncurkan Hummer H2 sebagai pengembangan dari Hummer H1. Namun, di tahun berikutnya, Hummer didera persoalan teknis seperti masalah emisi bahan bakar dan produknya yang boros bahan bakar. Tanda-tanda kebangkrutan Hummer pun mencuat pada tahun 2009.

Kala itu, GM sempat menjual sahamnya ke perusahaan industri Cina, Tengzhong Heavy Industrial Machinery Company. Namun upaya ini pun gagal karena penetrasi politik pemerintah Cina terhadap perusahaan AS dan terbatasnya keuangan Tengzhong membangun fasilitas produksi. GM resmi menutup Hummer pada 2010. [GP]

SHARE