Pesona Danakil Depression, Daerah Terpanas di Bumi - Male Indonesia
Pesona Danakil Depression, Daerah Terpanas di Bumi
MALE ID | Relax

Danakil Depression adalah kawasan gurun di utara Ethiopia, Afrika. Yang membuat kawasan ini menarik tidak lain statusnya sebagai daerah terpanas di bumi.

Photo: Michael Meraner/flickr

Tak seperti gurun lain di Afrika, Danakil Depression justru lebih terlihat menarik. Area gurun di kawasan ini berupa tanah dan bebatuan warna-warni. Warna yang dihasilkan berasal dari belerang, sulfur, mineral dan garam dalam batuannya.

Tapi bukan cuma itu yang menarik dari Danakil. Berdasarkan suhu rata-rata sepanjang tahun, Danakil memiliki temperatur 34,5 derajat celcius. Hariannya, suhu tempat ini bisa mencapai 50 derajat celcius. Ini alasan mengapa Danakil Depression merupakan daerah terpanas di bumi.

Agaknya, Danakil tak henti-hentinya membuat dunia terpesona. Selain terpanas, Danakil juga menjadi salah satu titik terendah di bumi. Ketinggian Danakil yaitu 125 meter di bawah permukaan laut. Yang paling rendah bernama Dallol.

Hal ini dikarenakan Danakil dibentuk oleh Afar Triple Junction, pertemuan retakan tiga lempeng tektonik yang membelah Ethiopia, Eritrea dan Djibouti.

Retakan ini masih terus aktif dan jadi yang terbesar di bumi. Saking aktif dan besarnya, Danakil diprediksi bakal tenggelam menjadi samudera 10 juta tahun ke depan.

Semua keunikannya bikin Danakil terlihat menggiurkan sebagai tempat wisata. Tempat ini memberikan Anda kesempatan untuk berjalan di atas bebatuan warna-warni. Ada pula kolam air belerang yang instagenic.

Ketika malam tiba, wisatawan bisa menyaksikan kawah-kawah api dan kilau batuan sulfur yang sangat memukau. Belum lagi danau garam yang memiliki ketebalan permukaan mencapai 2 km. Seolah berjalan di atas kaca, Anda akan dibuat terpesona oleh keindahan di sekeliling Danakil.

Layaknya tempat tinggal makhluk asing, wisatawan tak dapat berkunjung ke Danakil Depression dengan mudah. Kecuali menggunakan jasa tur setempat.

Selama tur ke Danakil, wisatawan diminta untuk mematuhi seluruh peraturan yang diberikan oleh operator tur. Yang paling umum, berhati-hati dalam melangkah saat berjalan di Danikil. Belum lagi cipratan air belerang cukup panas.

Menggunakan masker di tempat ini wajib hukumnya. Cuaca panas dan asap belerang yang terus menguap bisa membuat kepala terasa pusing.

Bukan cuma karena terpencil, tempat ini sulit dijangkau karena adanya konflik antar etnis. Kelaparan, kemiskinan dan angka kriminalitas sangat tinggi dan itu berbahaya bagi wisatawan. [GP]

SHARE