Kekayaan Budaya dan Kuliner di Basque Country - Male Indonesia
Kekayaan Budaya dan Kuliner di Basque Country
MALE ID | Relax

Para ahli sejarah berpendapat, Basque Country merupakan salah satu kelompok etnis tertua di Eropa. Bahasa yang dipakai, Euskera, tergolong bahasa tertua di Eropa.

Photo: Nigel Swales/flickr

Sekitar lima ribu tahun lalu, warga lokal Basque sudah menetap di bagian barat daya Eropa ini. Basque Country atau warga lokal menyebutnya Euskal Herria, merupakan daerah yang membentang panjang mulai dari Spanyol Utara, hingga Barat Daya Prancis.

Berada di Teluk Biscay dan Pegunungan Pyrenees Barat, membuat Basque memiliki budaya yang kaya dan beragam untuk ditelusuri. Keunikan Basque bisa dilihat dari kota-kota dan pantainya yang indah.

Garis pantai Basque Country membentang sepanjang 176 kilometer di sepanjang Teluk Biscay. Melintasi perbatasan dengan Prancis ke wilayah Cantabria, dan merupakan terminal bagi banyak pantai yang spektakuler.

Dari pantai liar yang berangin, hingga membentuk bulan sabit keemasan. Semua terhampar di sana. Tak hanya itu, ada pula taman kota yang menakjubkan.

Pantai-pantai itu antara lain La Concha (San Sebastian), Plage Cote des Basques (Biarritz), Laida (Urdaibai Biosphere Reserve), dan Karraspio Beach (Lekeitio).

Cara lain untuk mendapatkan pengalaman berada di Basque yaitu dari gastronomi. Maklum, fitur penting Basque terletak dari keahlian memasaknya.

Dinilai sebagai salah satu budaya gastronomi terbaik di dunia, masakan Basque memadukan ledakan rasa, tradisi, dan kualitas. Kuliner paling populer yang harus dicoba oleh para wisatawan ketika mengunjungi San Sebastian adalah Pintxos. Menu ini pada dasarnya berupa camilan kecil yang kerap dijumpai di bar.

Biasanya, pintxos terbuat dari irisan roti kecil dengan berbagai topping. Pintxos sendiri berarti spike. Dalam hal ini tusuk gigi yang digunakan agar topping tetap tertata rapi di atas pintxos.

Sorotan gastronomi lainnya, termasuk pasar petani Basque yang menjual berbagai produk lokal. Pasar yang terkenal akan kualitasnya adalah Tolosa, Pasar Ordizia, dan Pasar Gernika.

Berikutnya anggur. Setidaknya, ada dua area wilayah dan dua anggur yang sama sekali berbeda. Di Rioja Alavesa, anggur merah memiliki cita rasa luar biasa. 

Sementara di Basque Country, Txakoli atau Chacoli lebih umum dinikmati warga setempat. Txakoli adalah anggur putih kering yang sedikit berkilau dan sangat cocok mendampingi masakan Basque. [GP]

SHARE