Lexus Kenalkan Mobil Listrik Masa Depan Mereka - Male Indonesia
Lexus Kenalkan Mobil Listrik Masa Depan Mereka
MALE ID | Sport & Hobby

Mobil listrik saat ini jadi tren industri otomotif dunia. Maka tak heran jika para produsen mobil kenamaan berlomba dan saling pamer mobil listrik mereka di pameran otomotif Tokyo Motor Show (TMS).

Photo: Toyota

Adalah Lexus LF-30 Electrified Concept, yang diciptakan oleh pabrikan mobil premium asal Jepang, sebagai mobil listrik masa depan. Penamaan LF merupakan singkatan dari Lexus Future atau mobil masa depan Lexus. Mobil listrik ini disebut bakal melakukan world premier di TMS.

Seperti dikutip dari Carscoops, pabrikan mengklaim bahwa mobil listrik ciptaannya berbeda dengan model listrik yang sudah ada sebelumnya, baik itu model konsep atau produksi.

Perbedaan yang Lexus tawarkan di LF-30 Electrified Concept adalah aplikasi motor listrik yang dipasang di keempat roda (in-wheel) untuk menghasilkan tenaga gabungan sebesar 536 HP.

Selain sebagai sumber tenaga, motor listrik in-wheel juga memberikan karakteristik penanganan lebih baik, dibantu oleh teknologi Lexus Advanced Posture Control yang mengatur output daya pengemudi dari motor listrik daya tinggi.

Mobil juga dapat dikendarai dalam mode penggerak roda depan, penggerak roda belakang dan penggerak semua roda, tergantung pada kondisi jalan dan gaya mengemudi.

Lexus LF-30 Electrified Concept menggambarkan mobil masa depan dengan sistem pengisian daya baterai nirkabel canggih. Artinya, saat melakukan pengisian ulang daya baterai tidak lagi membutuhkan kabel.

Teknologi lain yang dapat ditemukan adalah sistem mengemudi otonom, mencakup fungsi parkir mandiri dan pintu model kupu-kupu yang mirip mobil listrik Tesla.

Karena konsepnya menawarkan motor listrik in-wheel, tim desain Lexus menampilkan desain eksterior futuristik. Desain yang terlihat cukup mencolok adalah kanopi kaca membentang dari atas roda depan hingga ke decklid belakang. Lexus juga mengubah tampilan gril spindle dan membuat satu set lengkungan roda besar.

Bergeser ke kabin, interiornya menampilkan desain mengesankan. Pengemudi dan penumpang depan dipersilahkan duduk di jok yang tampak futuristik, mengadopsi jok kelas satu di pesawat. Termasuk fitur teknologi buatan yang dapat menyesuaikan bentuk tubuh. Untuk sistem hiburan, menampilkan setting audio Mark Levinson.

Selain Lexus, beberapa merek Jepang lainnya juga meluncurkan mobil ramah lingkungan versi terbaru di TMS. Seperti Mitsubishi MI-Tech Concept dan Super Height K-Wagon Concept, Lalu ada juga Nissan Ariyayang, menyasar segmen mobil SUV kompak atau crossover. [GP]

SHARE