Mengenal Karakter Rekan Kerja itu Juga Penting - Male Indonesia
Mengenal Karakter Rekan Kerja itu Juga Penting
MALE ID | Works

Bertemu rekan kerja setiap hari tentu membuat Anda mau tak mau harus berinteraksi dengan mereka. Hal itu membutuhkan usaha yang tak sedikit agar Anda bisa nyaman bekerja.

Photo by Austin Distel on Unsplash

Beberapa cara bisa dilakukan agar Anda mengenal karakter rekan kerja di kantor. Tapi, sebenarnya apa tujuan di balik melakukan hal tersebut? Berikut ulasannya.

Minim konflik
Dengan mengenal karakter rekan kerja, Anda lebih mampu mengatasi masalah sebelum menjadi lebih besar. Artinya, Anda bisa meminimalkan konflik.

Memahami karakter rekan kerja juga memberikan Anda peluang untuk lebih bisa mengambil tindakan yang tepat jika terjadi masalah dengan salah satu di antara mereka.

Anda lebih mudah memilih teman dekat
Tak semua orang bisa cocok untuk dijadikan teman. Anda tentu memiliki kecenderungan yang berbeda dalam memilih teman dekat. Nah, di sini pengenalan karakter rekan kerja diperlukan.

Melalui hal ini, Anda dapat menarik diri dari orang-orang tertentu daripada terlibat dalam masalah yang tidak penting di kemudian hari.

Lebih memposisikan diri
Setiap orang memiliki kemampuan beradaptasi. Dengan mengenal karakter, Anda akan mampu beradaptasi menghadapi orang yang berbeda.

Misal, jika seseorang itu perlu dihormati seperti atasan, Anda bisa memposisikan diri sebagai bawahan yang mematuhi perintah atasan. Begitu pula ketika rekan kerja suka bercerita, Anda bisa menjadi pendengar yang baik. Dan lain sebagainya, sesuai karakter rekan kerja Anda masing-masing.

Terhindar dari salah paham
Ketika Anda mampu mengenali karakter rekan kerja dengan baik, kesalahpahaman yang tidak perlu juga bisa dihindari. Contohnya, jika rekan Anda memiliki suara yang cenderung keras, Anda tak akan kaget dan sakit hati, karena memang demikian karakter asli mereka.

Bikin Anda lebih nyaman di tempat kerja
Tidak adanya rasa salah paham dan meningkatnya kemampuan Anda beradaptasi dengan rekan kerja juga menjadikan Anda merasa lebih nyaman di tempat kerja. Koordinasi dan kolaborasi lebih mudah terjalin, sehingga kinerja Anda pun akan meningkat.

Sebab, saat Anda bekerja dengan orang lain, sangat penting meningkatkan kemampuan bersosialisasi. Banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh dari mengenal karakter semua rekan kerja di kantor. [GP]

SHARE