Tips & Trik Stage Photography Gunakan Smartphone - Male Indonesia
Tips & Trik Stage Photography Gunakan Smartphone
MALE ID | Digital Life

Dengan semakin banyaknya musisi tanah air hingga mancanegara yang datang untuk menyelenggarakan konser, semakin meningkat pula tren untuk pengambilan gambar pada saat konser atau biasa disebut dengan sebutan Stage Photography. 

Photo by veeterzy from Pexels

Penikmat musik sering kali mengabadikan momen pada saat penampilan konser guna untuk kepentingan pribadi maupun profesional. Mengabadikan momen khususnya pada saat konser memiliki tantangan sendiri karena batasan-batasan yang dimiliki hingga objek yang bergerak dengan dinamis. 

Salah satunya tidak jarang peraturan konser yang tidak memperbolehkan untuk membawa kamera profesional atau mirrorless sekalipun. Smartphone menjadi salah satu solusi terbaik yang dihadirkan oleh kemajuan teknologi agar penonton maupun fotografer profesional dapat mengambil gambar yang baik pada saat konser. 

Dalam acara Media Gathering Road to GFriend Show live di Jakarta, Shopee beberikan beberapa tips dan trik mengenai peranan penting kamera smartphone dalam investasi ke depan untuk mengabadikan foto konser dan memperluas eksistensi berbagai pihak. 

Jadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menggali potensi dari fitur-fitur smartphone guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Memilih Kamera HP
Langkah awal yang penting adalah mengetahui kebutuhan sehingga dapat mencari smartphone yang cocok. Pertama, perhatikan resolusi menjadi salah satu patokan utama dalam menentukan kualitas kamera yang berujung pada hasil.

Kedua, dengan perkembangan smartphone yang memungkinkan beberapa produk memiliki lebih dari satu lensa, pastikan konfigurasi yang cocok untuk kebutuhan Anda. 

Ketiga, ketahuilah jenis sensor dan fitur penunjang, dimana hal ini menjadi sangat penting karena akan memberikan solusi atau jawaban untuk tantangan-tantangan foto pada saat konser 

Carilah Referensi 
Melakukan research atau mencari referensi sebelum datang ke konser tersebut merupakan persiapan yang sangat penting. Dengan pencahayaan yang tidak menentu hingga ketidaktahuan akan apa yang akan terjadi, mencari referensi atau melihat video konser sebelumnya dapat memberikan pengetahuan akan pattern lighting, setting panggung, gerakan musisi tersebut sampai setlist lagu yang akan dibawakan. 

Memaksimalkan Kualitas Foto 
Memastikan cahaya, jarak fokus hingga kestabilan memang tidak mudah dengan gerakan dinamis dan ragam pencahayaan dalam konser. Tetapi dengan menguasai dan mengetahui fitur penunjang dari smartphone yang dimiliki dapat membantu mengatur jarak fokus dan kestabilan. 

Selain itu, dapat memprediksi mode apa yang harus digunakan saat mendapatkan kondisi cahaya yang sangat terang atau gelap sekalipun. *** (SS)

SHARE