Bergabung di Perusahaan Startup Miliki Banyak Kelebihan - Male Indonesia
Bergabung di Perusahaan Startup Miliki Banyak Kelebihan
MALE ID | Works

Apa keuntungan di perusahaan kecil? Gengsi dan penghasilan pun tidak seperti perusahaan besar. Meski memiliki gengsi saat bekerja di perusahaan besar. Iming-iming kesejahteraan di atas rata-rata memang menjadi daya tarik setiap orang untuk bekerja di sebuah perusahaan besar.

keuntungan di perusahaan kecil Photo by Climate KIC on Unsplash 

Tetapi Anda juga harus ingat, persaingan ketat untuk bekerja diperusahaan besar tidak sedikit. Jadi, untuk mendapatkan posisi di perusahaan tersebut akan semakin banyak dan kompetitif. Bila akhirnya bukan Anda yang mendapatkan pekerjaan tersebut, jangan berkecil hati.

Jangan malu untuk memutuskan melamar ke perusahaan kecil ataupun startup. Di sana, kontribusi Anda sangat dibutuhkan untuk menentukan apakah perusahaan akan berkembang atau malah bangkrut. Dinamika kerja yang dinamis, menjadi salah satu sebab kerja di perusahaan baru atau starup dianalogikan seperti menaiki roller coaster.

Selain itu, bekerja di perusahaan baru, Anda bisa bekerja lebih efisien, tidak adanya batasan tanggung jawab, pengetahuan, dan belajar mengenai segala hal yang berhubunagn dengan bisnis. Lalu keuntungan apalagi jika memang harus bekerja di perusahaan kecil?

1. Kesempatan Mengembangkan Skill

Keuntungan di perusahaan kecil yang pertama adalah Anda memiliki kesempatan besar untuk mengembangkan skill. Meski memiliki job description yang jelas, Anda tetap bisa belajar hal lain di dalam perusahaan tersebut.

2. Lingkungan Kerja yang Kekeluargaan

Karyawan yang sedikit di perusahaan kecil, menjadi kesempatan karyawan untuk lebih mengenal satu sama lain. Anda bisa mengenal karyawan di divisi lain meski tidak memiliki hubungan terkait dengan pekerjaan Anda. Sehingga timbul-lah lingkungan kerja yang kekeluargaan.

Lingkungan kerja seperti ini menjadi poin penting karena dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Berbeda dengan atmosfir diperusahaan besar. Anda belum tentu dapat mengenal semua karyawannay meski masih satu atap dengan Anda.

3. Penuh dengan Inovasi

Seperti disinggung di atas, keuntungan di perusahaan kecil adalah Anda menjadi tonggak untuk perusahaan tersebut. Dengan kata lain, Anda akan menemukan orang-orang yang bersemangat dan antusias. Berkerja dengan orang-orang yang berprofesi sesuai passion mereka masing-masing, dapat memicu inspirasi dan akhirnya akan muncul ide-ide yang inovatif. Hal ini akan mendorong ke perkembangan bisnis yang lebih maju lagi.

4. Pencapaian Anda Lebih Terlihat

Dengan jumlah karyawan yang sedikit juga memberikan keuntungan untuk pencapaian Anda. Hasil kerja Anda sekecil apapun itu akan jelas terlihat nyata. Anda bisa berkontribusi langsung dan terlinat dalam setiap program perusahaan, sehingga akan bisa produktif setiap harinya.

Selain itu, hasil-hasil kerja Anda pun akan diapresiasi oleh banyak orang dan pasti akan lebih membuat Anda bersemangat untuk bekerja.

5. Kesempatan Mengembangkan Karier

Keuntungan di perusahaan kecil adalah pengembangan karir yang terbuka lebar. Bayangkan jika Anda bekerja di perusahaan besar. Akan sampai berapa lama Anda untuk bisa mencapai tujuan berkarar Anda. Bekerja di perusahaan kecil memungkinkan untuk menentukan jenjang karir yang akan Anda jalani.

Bagi Anda yang memiliki cita-cita membangun perusahaan sendiri, bekerja di perusahaan kecil atau startup merupakan sekolah terbaik. Lingkungan kerja di perusahaan ini adalah kondisi ideal untuk mendidik diri tentang cara menetapkan tujuan, melaksanakan strategi, menjalankan operasi bisnis. **

SHARE