Olahraga Saat Musim Hujan Punya Banyak Manfaat - Male Indonesia
Olahraga Saat Musim Hujan Punya Banyak Manfaat
MALE ID | Sport & Hobby

Musim hujan akan sedikit berpengaruh terhadap aktivitas sedikit terhambat. Pada saat itu, orang akan merasa malas untuk rutinitasnya dan hanya bermalas-malasan diatas kasur atau hanya sekadar menonton televisi.

Gambar oleh bertvthul dari Pixabay

Selain musim hujan, pada kenyataannya udara dingin juga mempengarusi seseorang untuk malas beraktivitas. Aktivitas olahraga bahkan rutinitas tak jarang selalu kalah dengan kinginannya untuk selalu menarik selimut pada udara yang dingin.

Namun, tidak banyak orang tahu bahwa ternyata berolahraga diudara yang dingin lebih baik daripada olahraga pada udara yang panas. Mungkin bagi yang terbiasa bermalas-malasan pada saat musim dingin, hal ini cukup berat dilakukan. 

Dilansir dari Livestrong, berlari dimusim dingin akan lebih mudah bagi tubuh dibanding lari pada musim panas. Hal tersebut dikutip dari Roberto Mandje, pelari jarak jauh Olimpiade dan manajer pelatihan pelari di New York Road Runners di kota New York.

"Selama tidak sedingin es, lebih mudah berlari dalam cuaca dingin karena tubuh Anda tidak perlu bekerja untuk mendinginkan dirinya sendiri" ungkap atlet lari Roberto Mandje.

Amber Rees dan Lindsey Clyton, 2 orang pendiri proyek dan pelari tersebut mengatakan dingin bukanlah sebuah permasalahan. Udara dingin akan membuat tubuh lebih baik ketika berolahraga.

"Cuaca dingin ada di pihak Anda, ungkin terasa dingin sebelum Anda mulai bergerak, tetapi begitu tubuh Anda memanas, Anda secara mengejutkan merasa tak terkalahkan. Aku sudah lebih cepat di perlombaan musim dingin daripada di bulan-bulan yang lebih hangat", ungkap rees.

"Setelah Anda menguasai berpakaian untuk dingin, Cuaca benar-benar tidak menjadi masalah," Clayton menambahkan.

Selain itu, mengutip laman health.harvard.edu, Harvard Medical School menyebutkan bahwa olahraga bisa jadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Apalagi kalau orang di dekat Anda sakit flu atau pilek, maka Anda akan rentan terluar. 

Daripada hanya diam saat musim hujan atau di udara dingin di dalam ruangan bersama orang yang membuat Anda terlalu penyakit, lebih baik Anda menggerakkan tubuh untuk olahraga demi meningkatkan kekebalan tubuh.

Bahkan berolahraga saat cuaca dingin bakal membuat tubuh bekerja lebih ekstra keras agar hangat. Hal ini bisa memengaruhi produksi endorfin yang ikut meningkat. Sehingga suasana hati bisa lebih baik. Stres berkurang dan hati jadi terasa lebih bahagia. *** (SS)

SHARE