Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan - Male Indonesia
Cara Sederhana untuk Mencintai Pekerjaan
MALE ID | Works

Kebanyakan orang berpikir akan mencintai pekerjaan yang sesuai keinginannya, dengan posisi tinggi, dan gaji mumpuni. Padahal, mencintai pekerjaan adalah bagian dari proses menuju kesuksesan dan membuntuhkan kerja keras, strategi, serta komitmen.

pekerjaan - Male IndonesiaPhoto: Pexels.com

 

Sebagian merasa seolah-olah mengorbankan kebahagiaan untuk pekerjaan, padahal mereka yang mencintai pekerjaannya berpotensi untuk berprestasi dengan lebih baik. Mencintai pekerjaan adalah hal ideal yang bisa dicapai sedikit orang-orang beruntung. 

Ada kepuasan, perasaan tertantang, dan keterlibatan ketika berhasil menyukai apa yang dilakukan. Lalu bagaimana cara mencintai pekerjaan yang Anda kerjaan saat ini? Mengutip laman Businessnewsdaily, berikut empat hal yang bisa Anda lakukan.

Merapikan Ruang Kerja 
Salah satu cara untuk membuat diri Anda lebih bahagia di tempat kerja adalah dengan meningkatkan ruang kerja Anda. Ini bisa berarti mendekorasi ulang sedikit untuk membuat kantor Anda terasa lebih pribadi dan menginspirasi.

Sebuah studi dari Journal of Experimental Psychology menemukan bahwa pekerja yang diberdayakan untuk mendesain ruang kerja mereka sesuka mereka hingga 32 persen lebih produktif daripada mereka yang tidak diizinkan untuk melakukannya. 

Dan jika Anda memiliki kantor sendiri, coba atur ulang furnitur Anda dan gunakan psikologi warna dan pencahayaan yang berbeda untuk meningkatkan suasana hati Anda. Tetapi jika Anda sedang ingin mengatur ulang dan membersihkan ruang Anda, jangan terlalu banyak membersihkannya. Karena penelitian dari University of Minnesota menunjukkan bahwa ruang yang berantakan dapat membuat orang lebih kreatif.

Hadiahi Diri Anda Sendiri
Jika Anda tidak menyukai pekerjaan Anda, atau tugas spesifik yang harus Anda selesaikan di pekerjaan Anda, berilah penghargaan pada diri sendiri. Penelitian menunjukkan bahwa penghargaan dapat membantu meningkatkan kinerja dan meningkatkan motivasi.

Jadi ketika Anda memiliki tugas yang sulit atau membosankan di depan, cobalah memberi insentif dengan hadiah kecil. Misalnya, "Ketika menyelesaikan tugas ini, saya akan berjalan-jalan dan mencari udara segar".

Anda tidak harus menyimpan trofi di meja Anda, tetapi memiliki sedikit pengingat akan hadiah yang telah Anda janjikan pada meja Anda atau dalam garis visi Anda mungkin dapat membantu Anda lebih fokus dalam menjalani hari atau tugas apa pun yang Anda lakukan.

Berteman
Jika Anda benci gagasan akan bekerja setiap hari, salah satu cara untuk lebih bahagia dalam pekerjaan Anda adalah berteman dengan rekan kerja Anda. Dan memiliki teman kerja dapat melakukan lebih dari sekadar membuat pekerjaan lebih menyenangkan atau memberi Anda teman istirahat makan siang.

Penelitian juga menunjukkan bahwa "bersahabat di tempat kerja cenderung lebih fokus, lebih bersemangat dan lebih loyal kepada organisasi mereka." Mereka juga jarang berganti pekerjaan, lebih jarang sakit. Jadi, jika Anda kurang akrab dengan teman kantor Anda, cobalah menjalin hubungan yang lebih dalam dengan beberapa rekan kerja Anda.

Hanya Bekerja Selama Jam Kantor
Bekerja sepanjang waktu dapat membuat Anda sukses dalam pekerjaan Anda dan membantu Anda maju dalam karier Anda, tetapi itu harus dibayar dengan harga kesehatan mental (dan fisik) Anda. Jika Anda sering bekerja lembur dan membawa pulang pekerjaan Anda, mungkin sudah waktunya untuk memikirkan kembali prioritas Anda.

Menurut Telegraph, peneliti di Henley Business School di University of Reading menemukan bahwa karyawan yang menggunakan Internet untuk tujuan kerja di luar jam kerja lebih mungkin menjadi kecanduan Internet serta menderita isolasi, depresi, dan kecemasan. Salah satu peneliti, profesor Nada Kakabadse, mengatakan bahwa karyawan berprestasi seperti ini sering kali paling sukses, tetapi mereka lebih cenderung mengalami kelelahan, kehilangan penilaian dan membuat kesalahan.

Dan sebuah penelitian di American Journal of Epidemiology menemukan bahwa bekerja berjam-jam dapat menyebabkan kesehatan jantung yang buruk dan meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung antara 40 hingga 80 persen. Mengapa? Bekerja berjam-jam sering menyebabkan kombinasi stres yang tidak sehat, peningkatan tekanan darah dan pola makan yang buruk. *** (SS)

SHARE