Manfaat Lakukan Olahraga dengan Perut Kosong - Male Indonesia
Manfaat Lakukan Olahraga dengan Perut Kosong
MALE ID | Sport & Hobby

Sarapan memang penting untuk memenuhi asupan nutrisi setelah tubuh tidak mengonsumsi makanan selama tertidur. Kemudian, untuk berolahraga, tubuh juga membutuhkan kalori untuk menghasilkan energi.

Photo by Guduru Ajay bhargav from Pexels

Namun, jika Anda berolahraga setelah sarapan, memang tubuh akan memiliki kalori yang lebih untuk dibakar, tapi diperlukan waktu untuk mencerna makanan dengan sempurna, sehingga langsung berolahraga setelah makan juga tidak disarankan.

Inilah kenapa beberapa ahli menyarankan berolahraga pagi hari dilakukan saat belum sarapan dan perut masih kosong. Sebuah studi baru dari University of Bath menemukan bahwa sarapan sebelum olahraga bisa memperlambat proses pembakaran lemak dalam tubuh. 

Sebaliknya, berolahraga dengan perut kosong mampu memangkas lebih banyak lemak dalam tubuh. Untuk studi ini, peneliti mengkaji 30 orang pria dengan berat badan berlebih. 

Hasilnya, peneliti menemukan bahwa mereka yang berolahraga dengan perut kosong mengalami proses pembakaran lemak dua kali lipat lebih banyak, dibandingkan pria yang sarapan dulu sebelum berolahraga.

Seperti mengutip dari laman Metro, ahli fisiologi olahraga sekaligus associate profesor di Departemen Kesehatan University of Bath, Javier Gonzalez, menerangkan berolahraga dengan perut kosong akan membuat otot-otot pria lebih responsif terhadap insulin. Insulin adalah hormon yang mengendalikan gula darah tinggi, mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung.

"Kelompok yang berolahraga dengan perut kosong meningkatkan kemampuan mereka untuk merespons insulin, padahal semua peserta melakukan latihan yang sama dengan durasi waktu yang sama juga," kata Gonzales.

"Satu-satu perbedaannya adalah waktu asupan makanan. Jadi, jika Anda bertujuan membakar lemak, mungkin ada baiknya mencoba berolahraga dengan perut kosong. Tetapi pastikan Anda memiliki sarapan seimbang ketika selesai berolahraga,” tambah Gonzales.

Setelah selesai berolahraga, lanjut dia, pastikan tubuh diberikan asupan karbohidrat dan protein untuk membantu otot kembali pulih. Mengonsumsi makanan dengan nilai gizi yang ideal setelah berolahraga, sangat penting untuk kesehatan dan progress penurunan berat badan. 

Jika berolahraga dengan perut kosong, Gonzales menyarankan agar memilih olahraga yang intensitasnya tidak terlalu berat. Menurut Freguson, CEO Diet Free Life, yang dilansir oleh HuffingtonPost, kalau tujuan Anda berolahraga adalah untuk meningkatkan kebugaran fisik, kekuatan, dan kecepatan, maka berolahraga tanpa asupan makanan malah akan membuatnya kurang efektif. *** (SS)

SHARE