Tiga Kamera & Baterai Tangguh Samsung Galaxy A20S - Male Indonesia
Review
Tiga Kamera & Baterai Tangguh Samsung Galaxy A20S
MALE ID | Digital Life

Keseriusan Samsung untuk bersaing dengan vendor lain di kelas menengah kian jelas. Pada September 2019 lalu, pabrikan asal Korea Selatan itu resmi merilis produk teranyar mereka yang diberi nama Samsung Galaxy A20S.


Photo: Gading Perkasa/Male Indonesia

Pihak pabrikan mengklaim, produk buatan mereka memiliki setidaknya tiga keunggulan. Yaitu penyematan tiga kamera di bagian belakang, teknologi fast charging dan infinity-V display.

Dari sektor desain sendiri, Samsung Galaxy A20S punya kemiripan dengan sang kakak, A20. Perangkat ini dibekali sistem Android 9.0 Pie, chipset Qualcomm Snapdragon 450 dan prosesor Octa-core 1,8 GHz.

Lalu, seberapa canggih kualitas dari produk ini? MALE Indonesia berkesempatan untuk menjajal berbagai fitur yang ada di Samsung Galaxy A20S.

First impression
Di dalam box, terdapat satu unit Samsung Galaxy A20S berwarna hitam, USB type-C cable beserta adaptor dan manual book.

Dari segi desain, kesan mewah dan elegan jelas terlihat. Layar full screen berukuran 6,5 inci dengan notch di bagian atas layar, lensa kamera depan beresolusi 8 MP, nyaris tanpa bezel dan tidak terlalu tebal, bobotnya enteng, layaknya smartphone kekinian.

Smartphone ini juga terasa nyaman, baik ketika digenggam di tangan maupun dimasukkan ke dalam kantung celana. Namun, di sisi kiri dan kanan terasa sedikit slippery. Sehingga Anda disarankan untuk menggunakan case.

Pada bagian belakang, tersemat tiga lensa kamera yang tersusun vertikal dengan resolusi masing-masing 13 MP, 5 MP dan 8 MP. Sedangkan di tengah terdapat sensor fingerprint diletakkan tepat di atas logo Samsung.

Kamera
Fitur pertama yang kami coba adalah kamera. Di menu kamera, ada lima mode berbeda, yaitu Panorama, Pro, Fokus Live, Foto, dan Video. Saat mengambil gambar di dalam ruangan dengan kamera belakang, hasilnya tergolong sempurna dan sangat detail.


Photo: Sopian/MALE Indonesia

Kamera depan adalah keunggulan lain dari Galaxy A20S. Kendati bukan dikategorikan sebagai selfie camera phone, dijamin Anda tidak akan kecewa mengambil foto selfie kemudian mengunggahnya ke Instagram. Itu berkat resolusi kamera depan yang cukup besar, 8 MP.

Hal serupa juga berlaku pada kualitas video. Dengan resolusi 1920 x 1080, video yang dihasilkan smooth dan benar-benar fokus. Menyoal penyimpanan, Galaxy A20S mempunyai kapasitas ‘cukup’, 32 GB. Bila ingin menyimpan banyak gambar dan video, sebaiknya Anda membekali perangkat ini dengan memori eksternal.


Photo: Sopian/MALE Indonesia

Audiovisual
Sayang rasanya jika sebuah smartphone tidak dipakai untuk memutar musik dan menonton video. Karena itu kami membuka aplikasi Youtube di Galaxy A20S dan mencoba memutar videoklip Eminem berjudul Venom.

Output suara yang diberikan cukup clean, dan tidak noise walau lagu diputar dengan volume maksimal. Menonton video dalam waktu lama sekalipun tidak akan membuat mata cepat lelah.

Bagaimana untuk gaming?
Galaxy A20S dapat digunakan secara optimal memainkan berbagai jenis game karena dibekali RAM 3 GB dan GPU Adreno 506. Seperti Candy Crush Saga, Homescapes, Chess Rush, Plants vs Zombies 2, Dragon Ball Legends, hingga game RPG seperti KOF Allstar.

Jangan khawatir soal baterai yang cepat habis karena dipakai untuk gaming. Sebab, Galaxy A20S dibekali baterai berkapasitas besar, yakni 4.000 mAh.

Berdasarkan pengalaman kami, smartphone ini punya kemampuan standby yang luar biasa. Dibiarkan menyala selama kurun waktu enam hari, persentase baterai Galaxy A20S hanya berkurang 10 %, dari 68 % menjadi 58 %. Sungguh menakjubkan!

Kesimpulan

Photo: Sopian/MALE Indonesia

Bagi Anda yang sedang mencari smartphone mumpuni untuk fitur kamera dan baterai tahan lama di kelas mid-level, kami sangat merekomendasikan Samsung Galaxy A20S sebagai salah satu alternatif pilihan Anda. Harga yang ditawarkan juga relatif terjangkau, di kisaran angka 2,3 juta rupiah. [GP]

SHARE