Portugal dan Kekayaan Kulinernya yang Nikmat - Male Indonesia
Portugal dan Kekayaan Kulinernya yang Nikmat
MALE ID | Relax

Sebagai salah satu negara iklim Mediterania, Portugal menawarkan berbagai jenis makanan lezat. Bila Anda akan berkunjung ke ibu kota Lisbon, suasana kota itu sering dimanfaatkan para wisatawan dengan makan di restoran pinggir jalan.

Photo: Pixabay

Orang Portugal dikenal bangga akan aneka makanan panggang serta hidangan laut yang jadi khas negara tersebut. Makanan panggang ala Portugal terkenal dengan kesegaran dan teknik memanggang yang sempurna.

Bila MALEnials ingin menyicip cara makan orang Portugis di restoran yang tersebar di Lisbon, biasanya tradisi akan dimulai dengan makanan pembuka berupa roti, buah zaitun, dan keju. Roti di sana punya ciri khas renyah, dan tidak semanis roti buatan Italia.

Setelah makanan pembuka, biasanya turis akan diberikan white wine serta salad. Sup ikan menjadi menu lanjutan. Baru sehabis makanan pembuka, makanan utama berupa daging panggang baik domba atau sapi, akan disajikan.

Satu hal yang khas dari kuliner Portugal adalah keberadaan kentang. Nyaris dalam setiap makanan Portugal akan mengandung kentang, entah sebagai campuran atau tersaji terpisah.

Melansir The Culture Trip, beberapa jenis makanan Portugal yang wajib dicoba adalah alheira de mirandela, bacalhau, dan cataplana de marisco. Ketiga makanan ini sangat populer dan memiliki kisahnya masing-masing.

Alheira de mirandela adalah paket sarapan dengan sosis sebagai hidangan utama. Makanan ini adalah makanan rakyat yang populer di sana.

Alheira, atau sosis ayam, memiliki sejarah panjang berkaitan dengan kaum Yahudi di Portugal. Orang Yahudi kala itu membuat makanan berbentuk sosis berbahan dasar ayam.

Photo: Pixabay

Bacalhau berasal dari bahasa Portugis dan memiliki makna codfish. Bacalhau lebih dari sekadar makanan tradisional, ini merupakan makanan nasional yang hampir selalu dikonsumsi saat malam Natal.

Makanan ini terbuat dari kombinasi bawang, keripik, zaitun, peterseli, telur, dan ikan kod. Hidangan dengan julukan ‘o fiel amigo’ atau teman setia ini memiliki berbagai variasi resep hingga ratusan jenis.

Cataplana de marisco adalah salah satu jenis hidangan penegas Portugal sebagai negara penikmat kerang. Berbentuk sup yang dimasak di atas wajan tembaga, cataplana disajikan bersama nasi atau keripik kentang.

Beberapa tempat di Portugal menjadi rekomendasi untuk menyicip makanan ini. Seperti dusun nelayan Porto Brando, seberang sungai dari Lisbon. Di dusun ini, kerang akan diambil langsung dari laut dengan feri dan disajikan segar. [GP]

SHARE