Kebiasaan Berbahaya Pengemudi Muda Saat Berkendara - Male Indonesia
Kebiasaan Berbahaya Pengemudi Muda Saat Berkendara
MALE ID | Digital Life

Meskipun bahaya menggunakan ponsel Anda saat mengemudi, namun studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa, satu dari enam orang muda menggunakan aplikasi media sosial, salah satunya Snapchat saat mengemudi.

Photo by Hassan OUAJBIR from Pexels

Survei dilakukan terhadap lebih dari 500 pengemudi Queensland berusia 17 hingga 25 tahun oleh Pusat Penelitian Kecelakaan dan Keselamatan Jalan Universitas Queensland-Queensland (CARRS-Q) di Queensland menemukan 16 persen menggunakan Snapchat di belakang kemudi.

Seperti dilansir dari laman Smh, peneliti PhD Verity Truelove, yang menjalankan penelitian ini, mengatakan meski banyak pengemudi yang tidak menggunakan media sosial saat mengemudi, tapi ada sebuah segmen masih mengabaikan masalah keamanan itu.

"Alasan paling umum yang orang berikan untuk menggunakan Snapchat saat mengemudi bukan untuk melirik ponsel mereka tetapi untuk berinteraksi secara manual dengan ponsel mereka untuk memposting foto atau video yang mereka ambil saat mengemudi," kata Truelove.

"Seperti mengangkat telepon ke jendela, mengambil gambar atau video, kemudian berinteraksi dengan telepon untuk meninjau konten dan mempostingnya, jadi itu sedikit memprihatinkan," terang Truelove.

Snapchat memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar dan video dengan berbagai filter opsional, dengan semua konten dihapus secara otomatis setelah waktu yang ditentukan.

Aplikasi lain juga memiliki fitur serupa, termasuk Facebook, namun Ms Truelove mengatakan penelitian difokuskan pada Snapchat karena itu adalah aplikasi yang paling banyak disebutkan dalam survei sebelumnya tentang penggunaan media sosial saat mengemudi.

Dia mengatakan sepertinya ada koneksi khusus antara Snapchat dan mengemudi karena fitur aplikasi."Ada filter di Snapchat ini yang menunjukkan kecepatan seseorang berjalan," katanya. "Saya pikir, itu digunakan lebih sering (saat mengemudi) daripada media sosial lainnya," tambah Truelove.

Padahal, Snapchat memberikan peringatan kepada penggunanya ketika mereka pertama kali mendaftar untuk tidak menggunakan aplikasi saat mengemudi. Secara keseluruhan, pengemudi yang lebih muda dalam kelompok usia 17 hingga 25 tahun lebih cenderung menggunakan Snapchat, dibandingkan dengan mereka yang berusia pertengahan dua puluhan.

Truelove menegaskan tidak ada alasan yang jelas untuk itu, tetapi itu juga memprihatinkan karena itu berarti para pengemudi dengan potensi pengalaman paling sedikit di belakang kemudi lebih mungkin terganggu oleh aplikasi. *** (SS)

SHARE