Penyakit Serius Akibat Terlalu Keras Bekerja - Male Indonesia
Penyakit Serius Akibat Terlalu Keras Bekerja
MALE ID | Sex & Health

Bekerja keras memang bisa memberikan banyak hal yang positif bagi karir. Namun, pakar kesehatan menyarankan untuk tetap bekerja sesuai dengan kemampuan tubuh. Karena jika kerap bekerja dengan terlalu keras, justru akan membuat kesehatan tubuh menurun.

Photo by Craig Adderley from Pexels

Dalam sebuah penelitian dalam jurnal European Heart Journal, disebutkan bahwa mereka yang kerap bekerja lembur hingga berjam-jam lamanya setelah jam pulang kerja cenderung memiliki resiko lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang bekerja dengan jam yang normal.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa jam kerja yang terlalu panjang bisa memicu masalah atrial fibrilasi, kondisi yang membuat denyut jantung berdetak dengan tidak normal dan tidak teratur. Padahal, atrial fibrilasi yang sudah dalam kondisi yang cukup parah bisa memicu gagal jantung atau stroke.

Dalam jurnal tesebut, juga mengulas penyakit serius lain yang diakibatkan dari terlalu kerasnya bekerja. Untuk itu Anda perlu menjaga kesehatan Anda dan bekerjalah sesuai kekuatan tubuh Anda.

Kanker Otak
Selain serangan jantung, European Heart Journal juga menemukan potensi adanya tumor di otak di tubuh para pekerja keras. Hal ini disebabkan oleh kemampuan otak para pekerja keras yang terus dipaksa untuk berpikir terkait masalah pekerjaannya di kantor.

Yang lebih menghawatirkan, tumor tersebut bisa bertambah parah menjadi kanker. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan oleh European Heart Journal, sedikitnya terdapat 15 persen karyawan yang mengidap kanker otak di wilayah Eropa karena terlalu bekerja keras.

Gagal Ginjal
Penyakit serius yang satu ini juga berpotensi di idap oleh karyawan dengan tipe pekerja keras. Hal ini disebabkan oleh penggunaan doping seperti minuman berenergi maupun obat-obatan yang kerap digunakan oleh para pekerja keras untuk mendongkrak staminanya.

European Heart Journal menyimpulkan bahwa hampir 70 persen para pekerja keras di Eropa kerap mengonsumsi doping untuk menjaga staminanya agar tetap bisa menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya di kantor.

Kebiasaan ini bisa mengancam munculnyapenyakit gagal ginjal. Seperti yang diketahui, gagal ginjal menjadi salah satu penyakit paling mematikan di dunia berdasarkan data yang dihimpun oleh WHO (World Health Organization).

Itulah tiga penyakit serius yang disebabkan oleh bekerja terlalu keras. Maka dari itu, ada baiknya untuk tetap menjaga kesehatan, serta mengatur waktu yang bijak agar pekerjaan di kantor bisa diatasi dengan baik dan tepat. *** (SS)

SHARE