Cara Simpel Mencegah Mata Terkena Katarak - Male Indonesia
Cara Simpel Mencegah Mata Terkena Katarak
MALE ID | Sex & Health

Katarak masih menjadi penyebab utama kebutaan dan gangguan penglihatan yang terjadi di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Pada 2015 Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, angka kebutaan di dunia mencapai 36 juta orang dan 180 juta lainnya mengalami gangguan penglihatan.

Gambar oleh skeeze dari Pixaba

Ironisnya, sepertiga dari kasus tersebut ada di Asia Tenggara. Berdasarkan survei Rapid Assessment of Avoidable Blindness (RAAB) pada 2014-2016, Indonesia menempati posisi pertama. Bahkan, kasus kebutaan disebabkan oleh katarak di Indonesia mencapai 78 persen dari jumlah kasus di Asia Tenggara.

Disampaikan oleh Direktur JEC Pusat, Dr Setiyo Budi Riyanto bahwa Indonesia merupakan negara kedua di dunia dan nomor satu di Asia Tenggara terbesar penderita katarak.

"Menurunkan angka kebutaan dan penderita katarak merupakan program nasional. Angkanya belum habis-habis karena setiap tahunnya bertambah penderita katarak," kata Setiyo.

Selain faktor usia, Setiyo mengatakan faktor daerah tropis dan ekonomis juga berpengaruh terhadap tingginya kasus katarak di Indonesia.

Tips Alami Mencegah Katarak
Sejauh ini tidak ada penelitian yang menemukan bagaimana cara mencegah katarak atau memperlambat perkembangan katarak. Namun, seperti dilansir situs kesehatan Mayo Clinic, para ahli berpikir bahwa ada beberapa hal yang mungkin bisa membantu mencegah atau memperlambat katarak.

Periksa Mata Secara Teratur
Pemeriksaan mata yang dilakukan secara teratur dan rutin dapat membantu mendeteksi katarak dan masalah mata lainnya pada tahap awal. Tanyakan kepada dokter Anda seberapa sering Anda harus melakukan pemeriksaan mata.

Mengurangi Konsumsi Alkohol
Konsumsi alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko katarak.

Memakai Kacamata Hitam
Sinar ultraviolet dari matahari dapat meningkatkan risiko katarak. Pakailah kacamata hitam saat Anda berada di bawah terik matahari untuk menghalangi paparan sinar ultraviolet B (UVB) pada mata.

Mengontrol Berat Badan
Jika saat ini Anda memiliki berat badan yang sehat, pertahankan itu dengan berolahraga. Jika Anda mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, usahakan untuk menurunkan berat badan secara perlahan dengan mengurangi asupan kalori dan meningkatkan aktivitas fisik setiap hari.

Makan Buah dan Sayur
Sertakan buah-buahan dan sayuran dalam menu harian Anda untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan nutrisi tubuh. Buah dan sayuran memiliki banyak antioksidan, yang membantu menjaga kesehatan mata Anda. *** (SS)

SHARE