Cara Aman Tetap Bersepeda Saat Musim Hujan - Male Indonesia
Cara Aman Tetap Bersepeda Saat Musim Hujan
MALE ID | Sport & Hobby

Mengendarai sepeda ke kantor atau sekadar berkeliling mencari udara segar adalah kegiatan yang mengasyikkan bagi sebagian orang. Bersepeda adalah aktivitas yang menyehatkan, ramah lingkungan, dan irit bahan bakar.

Gambar oleh 139904 dari Pixabay

Tapi kini musim hujan sudah tiba, haruskah kegiatan bersepeda berhenti. Tentu saja mesti berhenti, bila curah hujannya masuk kategori lebat, apa lagi sangat lebat disertai angin dan petir, alias hujan ekstrem.

Akan tetapi, bila hujannya masih dalam kategori ringan sampai sedang, tetap bersepeda tidak ada salahnya. Karena bersepeda di tengah hujan memiliki sensasi tersendiri. Hal yang paling penting adalah tetap berhati-hati. 

Alasannya karena saat musim hujan tentu sensasi jalanan akan berbeda. Akan lebih licin dan itu akan membahayakan Anda. Maka dari itu, perlu rasanya tahu cara aman tetap bersepeda saat musim hujan. Mengutip dari berbegai sumber, berikut ini yang perlu Anda perhatikan.

Mengontrol Kecepatan
Anda harus bisa mengontrol kecepatan. Jangan terlalu terburu-buru dan terlalu cepat. Anda harus cermat dalam mengayuh sepeda dalam kondisi jalan yang serba terbatas. Apalagi jalanan yang dilalui basah dan mungkin saja banyak genangan.

Mengatur Tekanan Angin pada Ban
Untuk melewati medan yang licin dan basah, Anda sebaiknya memeriksa kondisi ban terlebih dahulu. Ada baiknya menurunkan tekanan angin ban 15-20 psi dari biasanya agar ban lebih mencengkeram jalan.

Selalu Disiplin di Jalan
Salah satu yang menentukan keselamatan adalah perilaku di jalan saat bersepeda. Tetap disiplin, walaupun kondisi trek jalan tidak seperti biasanya. Gunakan jalur yang sudah ditentukan dan tetap patuhi rambu lalu lintas. Usahakan agar Anda mudah dilihat oleh pengendara lain.

Bersihkan Sepeda
Setelah digurur dan menerabas hujan, jangan lupa untuk selalu membersihkan sepeda dan melumasi rantai rodanya. Karena bila dibiarkan, air hujan akan membuat sepeda cepat berkarat dan mengakibatkan kerusakan. 

Perhatikan Tata Cara Pengereman
Melakukan pengereman dalam kondisi cuaca hujan tidak bisa dilakukan seperti saat kondisi kering. Pengereman sepeda saat hujan biasanya memakan waktu lebih lama. Lakukan pengereman secara halus dan pelan-pelan agar kecepatan turun secara bertahap. Hal ini dilakukan untuk menghindari berhenti mendadak di jalan basah.

Gunakan Lampu Sepeda
Bersepeda saat hujan seringkali mengganggu pengelihatan dan menurunkan jarak pandang, maka dari itu pasang lampu sepeda untuk penerangan saat berkendara maupun untuk memberikan tanda ke pengedara lain. Hal ini akan memberikan keamanan pada diri sendiri maupun pengendara lain. *** (SS)

SHARE