Sederet Rekor Petenis Muda Daniil Medvedev - Male Indonesia
Sederet Rekor Petenis Muda Daniil Medvedev
MALE ID | Sport & Hobby

Petenis Rusia Daniil Medvedev sukses melumat Alexander Zverev 6-4, 6-1 pada partai puncak Shanghai Masters 2020 di Qi Zhong Tennis Center, Shanghai, China di Pekan ketiga Oktober 2019 lalu. Artinya ia berhasil mendapatkan trofi ATP Masters 1000 keduanya di Shanghai Masters 2019.

Photo: Magnus Manske/Wikipedia

Petenis nomor empat dunia itu memperbaiki rekor menang-kalahnya pada 2019 menjadi 59-17, termasuk 46 kemenangan Tour di lapangan keras musim ini. Dan ia masuk dalam jajaran petenis muda, karena masih berusia 23 tahun.

Medvedev menjadi petenis Rusia kedua yang memenangkan turnamen Masters 1000 ini setelah Nikolay Davydenko menang di edisi perdana acara ini pada tahun 2009. Sejak kalah dari Rafael Nadal di final AS Terbuka, Medvedev telah memenangkan masing-masing dari 18 set. Ini adalah keempat kalinya Medvedev mengangkat trofi ATP Tour tanpa kehilangan satu set pun.

Medvedev kini mengungguli Roger Federer dalam ATP Race To London setelah meraih 400 poin untuk kemenangan terakhirnya. Medvedev memiliki 5.875 poin, unggul 185 poin atas Federer (5.690 poin).

Karier Medvedev
Medvedev melakukan debut ATP utamanya di Kremlin Cup 2015, bermitra dengan Aslan Karatsev di acara ganda. Medvedev melakukan debut undian utama tunggal ATP di Nice Open 2016, kalah dari Guido Pella dalam tiga set. Tiga minggu kemudian ia meraih kemenangan ATP World Tour tunggal pertamanya di Ricoh Open 2016, mengalahkan Horacio Zeballos dengan straight set.

Medvedev didiskualifikasi dari putaran kedua acara Savannah Challenger (di Georgia, AS). Medvedev mengatakan Young dan France, yang keduanya keturunan Afrika-Amerika, adalah teman. Dia didiskualifikasi di pertengahan pertandingan karena mempertanyakan imparsialitas wasit berdasarkan rasnya.

Pada Januari 2017, Medvedev mencapai final tunggal ATP pertamanya. Di final di Chennai Terbuka ia kalah dari Roberto Bautista Agut dalam dua set. Akibatnya, Medvedev melonjak 34 posisi dari 99 menjadi 65 di peringkat ATP, yang merupakan karier baru. 

Pada bulan Februari, ia melanjutkan performa baiknya ketika maju ke perempat final dari Open Sud de France dan Open 13, kalah dari Jo-Wilfried Tsonga dan Lucas Pouille .

Pada Juni, ia berhasil mencapai perempat final Kejuaraan Pengadilan Rumput Rosmalen, mengalahkan unggulan ke-6, Robin Haase dan Thanasi Kokkinakis sebelum kalah dari Ivo Karlovic dengan straight set. Di Kejuaraan Aegon, ia melaju ke perempat final ATP 500 pertamanya dengan mengalahkan Nicolas Mahut dan Thanasi Kokkinakis di dua putaran pertama, kemudian ia kalah dari unggulan ke-6 Grigor Dimitrov di perempat final. 

Satu minggu kemudian, ia mempertahankan performa baiknya di rumput dengan maju ke semifinal Eastbourne International sebelum kalah dari Novak Djokovic. Medvedev memulai musim 2018 dengan lolos ke Sydney International. Dia mencapai final yang dimenangkannya melawan Alex de Minaur. 

Pada Agustus, Medvedev memenangkan gelar ATP keduanya di Winston-Salem Open 2018 setelah mengalahkan favorit tuan rumah Steve Johnson dalam dua set langsung. Setelah kalah dari Borna Coric di babak ketiga AS Terbuka, Medvedev kemudian memenangkan ATP 500 pertamanya dan gelar ATP ketiga di Tokyo sebagai kualifikasi, mengalahkan bintang Jepang dan unggulan ketiga Kei Nishikori 6-2, 6–4 di final. Kemenangan ini membawanya ke peringkat tinggi karier baru No. 22 dan menjadikannya pemain No. 1 di Rusia.

Pada bulan Oktober, ia melanjutkan penampilan baiknya, mencapai semifinal Piala Kremlin 2018, kalah dari rekan senegaranya. Satu minggu kemudian, ia membuat semifinal di acara ATP 500 Swiss Indoors, yang ia kalahkan adalah Roger Federer. Setelah turnamen, ia mencapai peringkat tinggi karier baru dunia No. 16.

Medvedev menyelesaikan 2018 dengan kemenangan pertandingan lapangan paling keras dari pemain mana pun di ATP Tour (38 kemenangan). Dia juga memiliki gelar terbanyak di turnamen lapangan keras (3 gelar), mengikat dengan Roger Federer, Novak Djokovic dan Karen Khachanov. *** (SS)

Tujuh Gelar Medvedev Baru Diraih 2 Tahun Terakhir

2018 | Level

Sydney International | ATP 250

Winston-Salem Open | ATP 250

Japan Open | ATP 500

2019 | Level

Sofia Open | ATP 250

Cincinnati Masters | Masters 1000

St. Petersburg Open | ATP 250

Shanghai Masters | Masters 1000

SHARE