Liburan ke Nepal, Jangan Abaikan Hal Ini - Male Indonesia
Liburan ke Nepal, Jangan Abaikan Hal Ini
MALE ID | Relax

Nepal merupakan negara yang populer di kalangan para pendaki. Namun masih jarang orang Indonesia menjadikannya sebagai negara tujuan wisata. Padahal, Nepal memiliki destinasi wisata menarik, seperti Tilicho Lake, Phewa Lake, Swayambhunath, Durbar Square, Garden of Dreams, dan masih banyak lagi.

Photo: MaxPixel

Selain itu biaya hidup di Nepal terbilang sangat rendah. Namun, adat istiadat dan kebiasaan masyarakat di sana tentu berbeda dari masyarakat Indonesia. Karena itu, sebelum liburan ke Nepal, Anda jangan abaikan beberapa hal berikut.

Pakai taksi di Nepal
Karena Nepal tidak memiliki banyak alat transportasi publik yang nyaman, wisatawan mengalami kesulitan dalam berwisata. Memang Anda bisa menyewa sepeda motor, naik bus, atau bahkan naik tuk tuk (sejenis bemo).

Tapi kalau Anda ingin alat transportasi lebih nyaman, bisa menggunakan taksi. Ongkos taksi di Nepal tidak terlalu tinggi, sekitar 40.000 rupiah dari airport ke pusat kota.

Bawa uang tunai yang cukup
Mata uang Nepal adalah Rupee Nepal. Sebelum berangkat ke sana, pastikan kalau Anda sudah menukarkan uang ke dalam mata uang Rupee Nepal. Karena di sana, hanya mata uang itu yang berlaku.

Jangan lupa membawa cukup uang tunai untuk memenuhi kebutuhan Anda selama di sana karena kartu kredit sulit dipakai. Mesin EDC atau kartu debit sangat jarang ditemukan. Toko suvenir, restoran, toko kelontong, dan alat transportasi di Nepal kebanyakan hanya menerima pembayaran secara tunai.

Membawa tisu toilet
Di Nepal memang mudah ditemukan toilet umum, jadi tidak perlu khawatir. Tapi hampir semua toilet umum di sana tidak menyediakan tisu toilet.

Sehingga sebaiknya Anda memasukkan tisu toilet ke dalam daftar barang bawaan ketika packing sebelum berangkat.

Jangan berharap akses internet
Biasanya ketika berwisata, Anda selalu mendapatkan kemudahan akses internet di negara yang dikunjungi. Hal ini tidak berlaku kalau Anda liburan ke Nepal. Internet memang tersedia, tapi kecepatannya tidak bisa diandalkan.

Nepal adalah salah satu negara yang memiliki kecepatan internet sangat lambat. Jangan berharap banyak pada internet ketika Anda sedang ada di sana.

Perhatikan baju yang dibawa
Sebelum berangkat ke Nepal, pastikan dulu Anda ingin pergi ke mana. Kalau ingin mengunjungi kuil, segera siapkan celana panjang.

Selain itu, cuaca di sana susah diprediksi dan terkadang berubah. Tak heran kalau cuaca di sana tiba-tiba sangat dingin. Bawa jaket tebal untuk berjaga-jaga. [GP]

SHARE