Catfishing, Tipe Wanita yang Wajib Dihindari - Male Indonesia
Catfishing, Tipe Wanita yang Wajib Dihindari
MALE ID | Relationships

Hubungan dengan lawan jenis kini bisa dimulai dari dunia maya. Ya, kehadiran berbagai aplikasi kencan agaknya membuat banyak orang tertarik menemukan pasangan potensial mereka lewat aplikasi tersebut. Bahkan ada yang sampai menjalani hubungan virtual cukup lama, bisa bertahun-tahun.

Photo by Daniel Monteiro on Unsplash

Namun, sudah menjadi rahasia umum kalau aplikasi kencan online memiliki efek negatif, salah satunya catfishing. Catfishing merupakan tindakan penipuan identitas untuk menjerat seseorang dalam hal apa pun. Modusnya dengan menciptakan hubungan yang seolah-olah romantis.

Pelaku catfishing mamalsukan identitas dirinya atau ‘meminjam’ akun orang lain guna memancing korbannya. Jika Anda sedang berburu wanita di aplikasi kencan, waspadai sejumlah tanda ini agar tak menjadi korban catfishing, seperti dilansir dari Boldsky.

Mengucap kata cinta secara berlebihan

Chemistry atau ungkapan kasih sayang mungkin saja tercipta dalam kencan online. Akibatnya, hubungan bisa terjadi begitu cepat dan jauh. Tapi perlu diingat, dia tetap saja orang asing karena Anda belum pernah bertemunya langsung. Kata-kata cinta yang dilakukannya secara berlebihan hanyalah unpan untuk memancing Anda.

Jumlah teman atau follower sedikit

Profil pengguna dapat membantu Anda dalam mengetahui lawan jenis dalan kencan online. Jika teman kencan Anda hanya punya sedikit follower, ada baiknya Anda waspada. Scammers umumnya menyesuaikan profil mereka sedemikian rupa sehingga terlihat nyata.

Foto tampak sempurna

Apabila foto lawan jenis yang mencoba menarik perhatian Anda tampak sangat sempurna, segera abaikan si dia dan mencari target lain. Pasalnya, ada kemungkinan ia hanya mengambil foto orang lain dari Google untuk menjerat Anda.

Profil nama yang aneh

Salah satu yang mencurigakan adalah ketika wanita incaran Anda memakai nama profil aneh. Misalnya, “an angel”, “miss queen”, dan sebagainya.

Meminjam uang

Anda harus ekstra hati-hati ketika wanita yang baru saja ditemui di aplikasi kencan online tiba-tiba meminjam uang kepada Anda. Hindari tindakan ini, sebab Anda belum pernah bertemu langsung dan terlalu berisiko untuk meminjamkan uang.

Berkelit saat diajak video call

Berbagi foto mungkin mudah. Tapi tidak dengan video. Coba saja Anda tes dia untuk video call. Kalau dia menghindar atau berkelit, artinya ada sesuatu yang disembunyikan.

Mencari wanita di aplikasi kencan online tentu tidak masalah, namun jangan sampai Anda terjebak catfishing. Lakukan dengan hati-hati. [GP]

SHARE