Pengguna Android, Hati-Hati ada Jebakan Joker - Male Indonesia
Pengguna Android, Hati-Hati ada Jebakan Joker
MALE ID | Digital Life

Joker ternyata masih mengingang di telinga. Kini bukan soal filmnya yang sedang bombastis. Tetapi merambah pada perangkat android. Di mana banyak aplikasi yang disisipi virus bernama Joker. Diperingatkan Anda perlu berhati-hati dan segera meng-uninstall-nya. Karena tentu saja berbahaya.

Lembaga riset CSIS Security menemukan virus malware jahat di ponsel android. Virus ini diberi nama Joker yang sudah menyusupi dua lusin aplikasi di Play Store dan di-download lebih dari 472.000 kali.

Dalam temuan CSIS Security malware jahat ini mampu mencuri pesan SMS, daftar kontak dan informasi perangkat korban. Malware ini juga diam-diam berkomunikasi dengan situs web iklan untuk menghasilkan klik palsu serta dapat mendaftarkan perangkat korban dengan layanan premium yang merugikan korban karena harus bayar biaya berlangganan.

Joker berinteraksi dengan website iklan-iklan untuk menghasilkan klik palsu dan mendaftar layanan premium tanpa sepengetahuan korban," jelas analis malware CSIS Security Aleksejs Kuprins.

Analis CSIS Aleksejs Kuprins dalam blognya menulis Joker akan menginstall muatan berbahaya jika ponsel menggunakan SIM dari 37 negara. Salah satunya adalah Indonesia. Lainnya, Australia, Austria, Belgia, Brasil, Cina, Siprus, Mesir, Prancis, Jerman, Ghana, Yunani, Honduras, India, Irlandia, Italia, Kuwait, Malaysia dan Myanmar.

Berikutnya, Belanda, Norwegia, Norwegia , Polandia, Portugal, Qatar, Republik Argentina, Serbia, Singapura, Slovenia, Spanyol, Swedia, Swiss, Thailand, Turki, Ukraina, Uni Emirat Arab, Inggris, dan AS.

Analis malware CSIS Security Aleksejs Kuprins mengatakan Google mengetahui aplikasi jahat dan telah menghapuskannya dari Play Store. Tercatat ada 24 aplikasi berisi malware Joker tersebut yang terdeteksi Google dan telah dihapus.

Meski Google sudah menghapus aplikasi yang mengandung malware Joker, pengguna ponsel masih tetap terancam virus ini bila aplikasi sudah terinstall diaplikasi. Ada baiknya aplikasi dihapus segera.

Aplikasi yang sudah disusupi Joker ini di antaranya, Advocate Wallpaper, Age Face, Altar Message, Antivirus Security (Security Scan), Beach Camera, Board picture editing, Certain Wallpaper, Climate SMS, Collate Face Scanner, Cute Camera, Dazzle Wallpaper, Declare Message, Display Camera, Great VPN, Humour Camera, Ignite Clean, Leaf Face Scanner, Mini Camera, Print Plant scan, Rapid Face Scanner, Reward Clean, Ruddy SMS, Soby Camera, dan Spark Wallpaper. *** (SS)
 

SHARE