Tugas Berat Harry Maguire di Old Trafford - Male Indonesia
Tugas Berat Harry Maguire di Old Trafford
MALE ID | Sport & Hobby

Terhitung Agustus 2019, Harry Maguire sudah bisa merumput di Old Trafford. bek timnas Inggris ini merupakan rekrutan ketiga setelah dua pemain belia, Aaron Wan-Bissaka dan Daniel James.

Photo: Mattythewhite/Wikipedia

Maguire sendiri kabarnya akan diberikan kontrak dengan durasi selama lima musim, dan Harry Maguire memiliki tugas berat. Sejak Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic sudah tidak bermain lagi di United, jelas terlihat bahwa lini pertahanan tim pemilik gelar juara terbanyak Liga Primer Inggris ini mengalamin penurunan yang luar biasa.

Phil Jones dan Chris Smalling yang digadang-gadang akan menjadi suksesor dari duet bek tengah legendaris juga tidak bisa mencapai ekspektasi yang dibebankan kepada mereka. Keduanya justru lebih dikenal karena kekonyolan yang mereka buat ketika mengawal lini pertahanan Setan Merah. 

Banyak nama kemudian mulai didatangkan untuk memperkuat lini pertahanan tim selepas peninggalan Ferdinand dan Vidic. Mulai dari Marcos Rojo hingga Eric Bailly. Bahkan pada era Louis van Gaal, ia sempat melakukan eksperimen gila dengan memainkan seorang Daley Blind di sektor bek tengah. Di mana ini kemudians sempat berlanjut ke era Jose Mourinho, hingga the Special kemudian mendatangkan Victor Lindelof.

Lindelof pun yang pada awalnya dianggap akan menjadi juru selamat justru sempat diragukan. Terutama karena awalan buruk yang terjadi sepanjang kariernya. Bagaimana Lindelof yang tampil sangar di Liga Portugal bersama Benfica, justru terlihat kikuk ketika berlaga di jantung pertahanan United.

Namun akhirnya penampilan bek asal Swedia tersebut terus meningkat. Boleh dibilang, bersama kiper David de Gea, Lindelof adalah sosok yang membuat lini pertahanan United tidak terlalu menderita.

Maka yang selanjutnya dilakukan adalah mencari partner sepadan untuk Lindelof di lini pertahanan United. Setelah rumor Kalidou Koulibaly, Jerome Boateng, Toby Alderweireld hingga Samuel Umtiti. Pilihan tersebut akhirnya jatuh kepada sosok seorang Harry Maguire, yang kini sudah dimiliki MU.

Mengutip laman Foxsport, dengan tinggi mencapai 194cm dan kemampuan duel udara yang mantap, Maguire digadang-gadang akan sangat membantu United untuk mengatasi kelemahan mereka terutama ketika bertahan menghadapi set-piece. Seperti yang sudah banyak diketahui, United sangat buruk dalam mengantisipasi situasi bola mati selama bermusim-musim. 

Kedatangan Maguire tentu diharapkan setidaknya bisa memperbaiki hal tersebut. Kedatangan Maguire juga membuat proses mematangkan Axel Tuanzebe menjadi lebih maksimal. Setidaknya, bek belia tersebut memiliki mentor dengan gaya bertahan yang berbeda-beda. Mulai dari Lindelof, Bailly, dan kini Maguire.

Pada akhirnya, pekerjaan maha berat menanti Harry Maguire di United. Boleh jadi beban terberat akan diberikan ke pundaknya apalagi mengingat ia kini berstatus sebagai pemain bertahan termahal. *** (SS)

SHARE