Pikirkan Ini Jika Ingin Bangun Bisnis Sampingan - Male Indonesia
Pikirkan Ini Jika Ingin Bangun Bisnis Sampingan
MALE ID | Works

Memulai bisnis sampingan bagi karyawan kantor bukanlah perkara mudah. Ada hal hal yang perlu dipikirkan supaya tidak kaget di ujung hari ini. Karena Anda akan dihadapkan dengan berbagai hal. 

kerja sampingan - Male IndonesiaPhoto by Thomas Drouault on Unsplash

  Sudah menabung modal yang cukup. Sudah tahu pula bisnis apa yang dijalankan, apa cukup untuk memulai bisnis sampingan karyawan kantor? Belum, sebelum Anda memasukan dan memikirkan hal ini.

Produk Bisnis Sampingan
Rata rata bisnis sampingan karyawan kantor tak jauh dari pekerjaan tetap mereka. Wajar memang, bisnis sampingan tidak akan jauh dari yang dikuasainya, dan itu biasanya yang Anda lakukan sehari-hari.

Tidak masalah memiliki bisnis sampingan dengan apa yang Anda kuasai. Asalkan jenis produk atau spesifikasi jasa yang ditawarkan tidaklah sama. Sungguh tidak etis bila Anda membuka usaha sampingan yang produknya mirip dengan perusahaan tempat Anda bekerja.

Selain akan bahaya bila ketahuan oleh atasan, persaingan pun akan semakin berat. Cukup sulit mengalahkan perusahaan besar bila Anda masih dalam level start-up. Oleh karena itu, bila ide usaha sampingan Anda adalah mengembangkan produk yang mirip dengan perusahaan Anda, lupakan.

Double Stress
Setiap bisnis sampingan pasti memiliki kadar stres. Dan pekerjaan tetap karyawan kantor apalagi. Ketika hasrat berbisnis Anda memuncak, coba bayangkan situasi ini.

Apa yang terjadi bila di tengah-tengah deadline, pelanggan usaha sampingan Anda menghubungi. Ternyata produk Anda rusak dan harus segera ditindaklanjuti. Apa yang Anda lakukan? Dapatkah Anda menahan stres? Atau malah tekanan darah Anda yang ikut naik? 

Karena itu, sebelum memulai bisnis sampingan, Anda harus sudah settle dengan tekanan pada pekerjaan tetap Anda. Dalam kondisi sesibuk apapun. Bila yang primer sudah bisa di-handle, Anda bisa memulai usaha sampingan tersebut. 

Selamat Tinggal pada Liburan
Liburan akan menjadi hal yang amat langka dalam kehidupan Anda kelak. Anda sudah tak bisa lagi bebas mengunjungi tempat wisata. Bahkan Anda juga sulit tidur 8 jam.

Mengapa, karena di masa masa awal berdirinya usaha sampingan itu sangatlah sibuk. Waktu Anda akan dihabiskan untuk mencoba-coba sistem baru serta melakukan uji tes produk ini dan itu. Otomatis Anda akan melakukan itu sepulang dari kerja tetap. 

Lalu akan diteruskan pada akhir minggu dan tanggal merah. Ini adalah hal simpel yang efeknya akan sangat kentara. Komitmen harus menjadi prioritas bila ingin mengembangan usaha sampingan Anda tersebut. *** (SS)

SHARE