Cara Jaga Kesehatan Ditengah Kesibukan Kerja - Male Indonesia
Cara Jaga Kesehatan Ditengah Kesibukan Kerja
MALE ID | Sex & Health

Kesibukan kantor kadang membuat tubuh lelah dan mudah sakit. Apalagi kalau Anda juga punya bisnis sampingan yang harus diurus. Meski demikian, usahakan tetap mencari cara menjaga kesehatan tubuh setiap hari.

Photo by LinkedIn Sales Navigator from Pexels

Dengan menajaga pola sehat bagi Anda yang tidak biasa, awalnya mungkin Anda akan canggung dengan perubahan kecil ini. Tapi jangan cemas, lama-lama Anda akan terbiasa.

Saat semangat kendur, ingatkan diri akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh untuk masa depan. Mumpung masih diberi kesempatan untuk berubah, manfaatkanlah dengan sebaik-baiknya. Nah, untuk itu, berikut ini cara Anda bisa menjaga kesehatan meski dilanda kesibukan.

Perbanyak Minum Air Putih
Harus minum kopi untuk menghilangkan rasa ngantuk di pagi hari? Tak masalah, kopi baik bagi kesehatan asal tak dikonsumsi berlebihan. Juga selama Anda menghindari tambahan krimer dan gula di dalamnya.

Di luar itu, lebih baik siapkan air putih di dekat Anda. Jangan salah, air putih juga mampu menghilangkan kantuk dan memperbaiki mood. Pasalnya, dehidrasi ringan bisa mengganggu keseimbangan elektrolit tubuh dan menimbulkan kantuk. Juga menurunkan konsentrasi, daya ingat, dan fungsi psikologis tubuh.

Air putih merupakan salah satu cairan terbaik untuk mengatasi dehidrasi ini. Kalau memang tak menyukainya, cobalah mengonsumsi infused water yang diberi tambahan buah-buahan.

Tidur Berkualitas
Cara menjaga kesehatan tubuh paling sederhana yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah tidur. Pastikan Anda tidur setidaknya 6 sampai 7 jam setiap hari.

Pasalnya, kurang tidur dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Jumlah sel darah putih bernama granulosit bahkan dipengaruhi secara langsung oleh waktu tidur.

Kalau memang tidak memungkinkan, usahakan tetap mendapatkan tidur yang berkualitas. Hal ini penting untuk mengembalikan kebugaran tubuh dan memastikan sistem organ bekerja optimal. The National Sleep Foundation (NSF) Amerika memberikan beberapa indikator yang menentukan kualitas tidur.

Pertama, Anda sudah bisa terlelap sekitar 30 menit setelah berbaring di atas kasur. Minimal 85% waktu di atas kasur juga dihabiskan untuk tidur, bukan main HP atau melakukan kegiatan lain.

Selain itu, Anda tidak mudah terbangun di malam hari. Maksimal hanya sekali, itu pun tidak lebih dari 20 menit sebelum akhirnya bisa tidur kembali. Kalau Anda belum pernah merasakannya, mungkin tidur Anda kurang berkualitas.

Perbanyak Gerak
Sebisa mungkin, usahakan untuk menyediakan waktu 30 menit sehari untuk berolahraga. Kalau tak sempat jogging, cobalah lompat tali atau lari di tempat sambil menonton TV. Kalau pekerjaan mengharuskan Anda duduk setiap hari, cobalah berdiri dan melakukan peregangan setiap 30 menit. 

Dengan pergerakan kecil, tak hanya mencegah sakit pinggang, tapi juga baik sebagai tips menjaga kesehatan mata. Terlalu lama duduk pun dapat meningkatkan risiko sakit jantung dan kanker. Jadi, jangan pernah merasa malas bergerak. *** (SS)

SHARE