4 Atlet Basket Dunia yang Bertubuh Pendek - Male Indonesia
4 Atlet Basket Dunia yang Bertubuh Pendek
MALE ID | Sport & Hobby

Dalam dunia olahraga basket, tidak disangkal bahwa tinggi badan sangat berpengaruh besar. Pemain yang tinggi otomatis menjadi lebih dekat dengan ring basket dan tembakannya bisa jauh lebih akurat dibanding pemain yang memiliki tinggi badan biasa saja. Sehingga hal itu sangat menguntungkan di dalam sebuah pertandingan. 

Namun, ada beberapa pemain basket juga memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi. Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini, empat pemain basket dengan postur tubuh yang terbilang pedek.

Earl Boykins

Photo: Chrishmt0423/Wikipedia

Earl Boykins menjadi nama selanjutnya. Selain menjadi orang terpendek kedua di sejarah NBA, Boykins juga pemain yang memiliki berat badan paling ringan, yaitu 60 kg. Selama berkarier, pemain yang berposisi sebagai point guard ini pernah membela, Clevealand Cavaliers, Orlando Magic, hingga Denver Nuggets. 

Tyrone Bogues

Photo: Amineshaker/Wikipedia

Tyrone Bogues adalah pemain basket terpendek sepanjang sejarah NBA, hanya 160 cm. Meski begitu, ia bisa menggunakan tinggi badannya yang mini menjadi keuntungan sampai ia dikenal sebagai pengoper dan pencuri bola terhandal di lapangan. 

Selama berkarier di NBA, Bogues pernah bermain untuk Charlotte Hornets, Golden State Warriors, serta Toronto Raptors. Setelah memutuskan pensiun pada 2001, Bogues kemudian sempat melatih Charlotte Sting dan akademi United Faith Christian.

Nate Robinson

Photo: Danny Bollinger/Flickr

Tinggi badan Nate Robinson memang tidak seperti pemain basket pada umumnya, tapi dengan tinggi badan 172,5 cm pemain basket yang jado nge-dunk ini sempat memenangkan beberapa kontes Slam Dunk selama tiga kali, yakni di tahun 2006, 2009, dan 2010. 

Bahkan, di salah satu kontes Slam Dunk, Nate mampu melompati pemain basket, Dwight Howard yang tingginya sekitar 211 cm. Selama berkarir di NBA, pria kelahiran 31 Mei 1984 ini telah bermain untuk New York Knicks, Bolton Celtics, Golden State Wariors, Oklahoma City Thunder, Chicago Bulls, dan Denver Nuggets.

Isaiah Thomas

Photo: MavsFan28/Wikipedia

Meski Isaiah memiliki tinggi badan di bawah rata-rata, namun ia punya kemampuan yang tidak tertandingi. Dengan tinggi badan 175 cm, Thomas memiliki prestasi yang cemerlang di dunia basket yaitu, salah satunya dengan menjadi NBA Rising Star pada tahun 2013 lalu. Aksi-aksinya mampu membahayakan pertahanan lawan. *** (SS)

SHARE