Apakah Pria Harus Selalu Mengikuti Tren Fashion? - Male Indonesia
Apakah Pria Harus Selalu Mengikuti Tren Fashion?
MALE ID | Looks

Setiap tahun berganti, gaya berbusana alias tren fashion semakin lama semakin beragam. Sebagai contoh, bila di tahun ini apa yang sedang menjadi tren adalah turtle neck, maka di tahun depan, belum tentu gaya yang sama bakal ada.

Photo by Andrew Neel on Unsplash

Lalu, pernahkah Anda terpikir dari mana datangnya tren fashion? Apa karena banyak yang memakainya, sehingga sebuah item menjadi tren? Haruskah pria selalu mengikuti tren tersebut?

Seperti rantai makanan
Seperti dilansir dari Fashionbeans, pada dasarnya, tren fashion bertahan antara dua hingga lima tahun. Setelah itu, biasanya sebuah tren akan hilang dan sudah tidak dianggap kekinian.

Jadi, walau Anda menyangkal terpengaruh dengan perubahan tren, dalam beberapa titik, Anda pasti berganti tren. Pasti ada satu titik yang akan mengubah gaya Anda berpakaian.

Biasanya, tren fashion hadir seperti rantai makanan. Mereka “memakan” dari rantai makanan paling bawah: para pecinta fashion. Tren ini akan mereka gunakan hingga menjadi sebuah hal yang wajar.

Beberapa kelompok mungkin tidak terpengaruh. Itulah rantai makanan yang menduduki tingkatan paling atas. Namun, suatu saat kelompok tersebut akan mengikuti arus.

Pendekatan yang digunakan untuk memunculkan tren atau gaya baru biasanya muncul dari para desainer. Harus ada perpaduan antara gaya baru dan gaya familier. Jika sebuah tren terlalu baru, maka akan membosankan. Sebaliknya, bila terlalu familier, tidak ada perubahan sama sekali.

Di tahap ini, desainer mulai memprediksi. Mereka akan melihat apa yang menjadi ketertarikan orang di masa mendatang, kemudian mereka membuat model yang pasti laris di pasaran.

Perbedaan mencolok
Pada dasarnya, ada perbedaan mendasar mengenai persebaran tren pada pria dan wanita. Tren fashion pada wanita biasanya memiliki siklus lebih cepat, antara satu musim (tiga bulan) hingga satu semester, cenderung ke tren yang sudah pernah ada.

Sedangkan tren fashion pada pria berjalan lebih lambat. Secara sederhana, tren akan lebih bertahap dan relatif tidak banyak berubah. Ini karena sebagian besar pria tidak kompulsif dalam memilih gaya berpakaian maupun memadukan berbagai item fashion.

Jadi, penting atau tidaknya mengikuti tren fashion, kembali pada kenyamanan masing-masing. Karena item yang mungkin saat ini menjadi tren, belum tentu nyaman dipakai di tubuh Anda. [GP]

SHARE