Mobil Konsep dengan Teknologi Otonom dari Nissan - Male Indonesia
Mobil Konsep dengan Teknologi Otonom dari Nissan
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Awal Oktober 2019 lalu, Nissan mengenalkan mobil konsep barunya. Mobil itu diberi nama IMk., yang siap dipajang di atas panggung Tokyo Motor Show 2019. Tak hanya menjadi mobil ramah lingkungan, Nissan IMk turut dibekali teknologi canggih, yang membuatnya cocok untuk kehidupan perkotaan.

Photo: Nissan News

“Sebagai mobil listrik kompak era baru, Nissan IMk didesain agar sesuai lingkungan perkotaan modern maupun kota-kota kecil,” kata Satoru Tai, Executive Design Director Nissan dalam keterangan resminya, seperti dikutip dari Oto.

Bertenaga listrik sepenuhnya, mobil konsep ini mengadopsi desain baru Nissan bernama “Timeless Japanese Futurism”. Wajah V-Motion tetap terpampang, tapi dengan wujud lebih futuristik. Dimensinya tak begitu besar, panjang 3.434 mm, lebar (tanpa spion) 1.512 mm dan tinggi 1.644 mm.

Di bagian interior, nuansa bak cafe atau lounge dipilih Nissan untuk konsepnya. Jok bergaya sofa dipasang demi memberikan kenyamanan pengemudi. Dashboard dan door trim dilapisi bahan tonal tingan.

Menariknya, seluruh tombol yang mencakup steering switch, pendingin kabin, multimedia tersembunyi. Mereka baru tampak ketika mobil dinyalakan dan dioperasikan layaknya layar sentuh, tanpa tombol fisik.

Sementara informasi kendaraan penting, seperti kecepatan dan navigasi muncul secara holografik melalui prisma tanpa bezel. Memberikan kesan modern, sekaligus elegan.

IMk dilengkapi konektivitas yang mengizinkan penumpang terhubung dengan mobil melalui smartphone. Penentuan setelan pribadi, seperti posisi kursi, pencahayaan interior, kontrol iklim atau perencanaan perjalanan menjadi lebih mudah.

Fungsi ini membuat Nissan IMk dapat memberi tahu pengemudi tentang waktu keberangkatan terbaik melalui smartphone, dengan mempertimbangkan kemacetan lalu lintas.

Teknologi otonom juga dibenamkan ke dalamnya. ProPilot 2.0 versi lanjutan membuat mobil dapat bergerak sendiri, mencari jalan atau menyalip kendaraan di depan, bahkan di jalan bebas hambatan. Ketika tiba di tujuan, IMk bisa mencari parkir atau dipanggil ke lokasi penjemputan.

Fitur keamanan juga mumpuni. Selama perjalanan, pengemudi dapat menikmati fitur Nissan-to-Visible, yang melacak lingkungan terdekat kendaraan, menggabungkan informasi dari sensor luar dan dalam kendaraan bersama data cloud.

Hasilnya, mobil bisa mengantisipasi objek di depan, termasuk menunjukkan apa yang ada di belakang gedung atau tikungan.

Walau begitu, jantung mekanis elektrik dan spesifikasi baterai belum diungkap oleh Nissan. Yang bisa dipastikan, mobil konsep ini bergerak dengan tingkat suara sangat senyap. Motor listriknya juga memberikan akselerasi dan respon terbaik, efektif dalam lalu lintas, bahkan lereng curam. [GP]

SHARE