Jaket Militer, Gaya Fashion yang Timeless - Male Indonesia
Jaket Militer, Gaya Fashion yang Timeless
Gading Perkasa | Looks

Tak bisa dimungkiri, pakaian yang biasa digunakan angkatan militer telah menjadi pakaian sehari-hari kaum adam. Sebut saja chino, cargo pants, dan bomber jacket. Alasan military style sangat digandrungi, karena fungsi dan versatility tinggi, bisa dipakai kapan pun dan di mana pun.

Photo by Dmitriy Ilkevich on Unsplash

Setidaknya ada beberapa military outwear yang bikin Anda lebih manly dan timeless. Simak penjelasan di bawah ini.

Fishtail parka
Jaket ini merupakan bentuk perkembangan dari snorkel parka. Awalnya digunakan oleh anggota militer Amerika Serikat. Untuk mengantisipasi cuaca dingin, maka dibuat fishtail parka yang lalu menjadi tren di era 60-an.

Selain menghalau cuaca dingin, fishtail parka dapat digunakan sebagai coat yang dipadukan dengan setelan jas.

Jika Anda memakai jas, pastikan bahwa parka Anda lebih panjang, so that your layering game is on point. Atau Anda bisa mengenakan loose turtleneck untuk memberi kesan lebih kasual.

Greatcoat
Merupakan bagian dari overcoat yang digunakan oleh kelas pekerja di Prancis pada tahun 1600-an. Greatcoat sendiri awalnya dipakai angkatan militer Inggris yang fungsinya menghangatkan tubuh dari terpaan musim dingin karena berbahan wol tebal.

As always, t-shirt membuat greatcoat terlihat lebih casual dipadukan bersama celana jeans dan fisherman beanie, namun akan sporty jika ditambahkan trainer jacket. Mana yang lebih Anda suka? Every man have their own preference.

Field jacket
Field jacket merupakan outerwear paling umum dan jenisnya beragam dalam dunia militer. Item ini akan tampak lebih kasual jika dipadukan dengan sweatshirt dan jeans serta sneakers.

Namun akan jauh lebih menarik ketika ada layering seperti waistcoat/vast, scarf dan formal shirt. Ingin bermain agak formal? Gunakan leather tote, canvas tote, atau duffel bag.

Eisenhower jacket
Eisenhower jacket agak mirip dengan jaket Harrington. Nama Eisenhower diambil dari Dwight D. Eisenhower, Brigadir Jendral yang sekaligus merupakan Presiden Amerika Serikat ke-34.

Tips memadukannya, Anda bisa kenakan polo shirt untuk gaya semi formal, cuffed pants pada bawahan, serta low top sneakers. Sedangkan bila Anda mau menerapkan gaya formal, ganti polo shirt dan sneakers dengan kemeja dan boots atau sepatu pantofel. [GP]

SHARE