Kaburnya Tahanan dari Penjara Terketat di Irlandia - Male Indonesia
Kaburnya Tahanan dari Penjara Terketat di Irlandia
Gading Perkasa | Story

Pada 1973, sebanyak 38 tahanan telah melarikan diri dari penjara yang memiliki keamanan tinggi di Irlandia Utara.

Photo: wikimedia commons

Satu petugas penjara telah terbunuh dan seseorang lainnya mengalami luka cukup parah selama pelarian masal tahanan Republican, organisasi republik pembangkang yang mendukung tahanan republik, dari penjara Maze di dekat Lisburn.

Seperti dilansir dari BBC, sepuluh orang tahanan yang semuanya berasal dari Blok H-7 ditangkap kembali beberapa jam usai kabur, namun sisanya masih dalam pelarian.

Pasukan keamanan lantas melakukan operasi pencarian terbesar di Irlandia Utara dalam beberapa menit setelah pelarian tersebut.

Para tahanan menggunakan senjata dan pisau selundupan dalam mengalahkan penjaga sebelum mereka membajak truk makanan yang mereka gunakan untuk pergi ke gerbang utama.

Seorang petugas gagal mencoba memblokir pintu masuk ke penjara County Antrim dengan mobilnya sendiri.

Namun, Republican bersenjata memberi respon dengan kekerasan, dan selama pelarian, satu petugas penjara ditikam sampai meregang nyawa. Ada pula yang ditembak di kepala dan dilarikan ke rumah sakit.

Beberapa tahanan yang melarikan diri membajak mobil pribadi saat mereka berada di luar penjara. Tentara dan polisi menyegel daerah itu dan mendirikan pos pemeriksaan di semua jalan dalam jarak lima mil dari penjara.

Sebuah laporan menyebut, empat tahanan ditemukan di sungai dekat penjara, di bawah air dan bernapas melalui alang-alang.

Pelarian ini adalah kasus terbesar dalam sejarah Irlandia Utara dan juga di “Blok-H” sejak tahun 1974, ketika 30 orang Republican menyimpang dari kompleks.

Penjara Maze ditutup

Pelarian ini didalangi oleh Dermot Finucane. Sebanyak 19 tahanan ditangkap kembali dalam beberapa hari setelah pelarian, namun sisanya berhasil lolos.

Pada tahun 1992, lima orang lainnya telah ditangkap dan tiga orang tewas dalam penyergapan.

Beberapa dari mereka yang terlibat dalam pelarian itu tidak pernah ditangkap kembali dan sebagian malah mendapat amnesti sebagai bagian dari proses perdamaian Irlandia Utara.

Kini, penjara itu telah ditutup untuk selamanya. Penutupan penjara Maze ditulis ke dalam Perjanjian Jumat Agung dan tahanan terakhir dipindahkan pada bulan September 2000. [GP]

SHARE