Aturan yang Tak Boleh Dilanggar di Arab Saudi - Male Indonesia
Aturan yang Tak Boleh Dilanggar di Arab Saudi
Gading Perkasa | Relax

Untuk pertama kalinya, Arab Saudi terbuka bagi wisatawan yang ingin berlibur ke sana. Negara ini bahkan mengeluarkan visa turis yang berlaku bagi 49 negara.

Photo: Pixabay

Dengan kebijakan visa turis, Anda bisa menikmati Arab Saudi sebagai destinasi wisata lebih dari sekadar wisata religi. Namun, meski telah membuka diri bagi dunia luar, bukan berarti Anda bisa seenaknya datang dan melakukan apa pun di sana.

Ada aturan yang tak boleh dilanggar ketika berkunjung ke Arab Saudi. Simak ulasan di bawah ini, sebagaimana dilansir dari Visit Saudi dan Gulf News.

Tidak menggunakan pakaian dengan simbol tertentu
Bukan cuma wanita, pria juga wajib berpakaian sopan. Hindari pakaian yang menonjolkan tulisan, simbol, maupun kata-kata ofensif terhadap agama.

Tidak bercumbu di depan umum
Mayoritas negara yang menjunjung tinggi budaya Timur tentu menilai tindakan bercumbu di depan umum tidak pantas dilakukan. Baik itu di Indonesia, maupun Arab Saudi. Jadi, jangan sampai Anda melanggar aturan ini.

Dilarang mengonsumsi alkohol
Penjualan, pembelian, dan konsumsi alkohol dianggap sebagai aktivitas ilegal di Arab Saudi. Karenanya, mengonsumsi minuman beralkohol di sana bisa membuat Anda didenda.

Jangan memutar musik dengan suara keras
Anda dilarang memutar musik dengan volume tinggi di kawasan pemukiman. Apabila ada warga setempat yang merasa terganggu, Anda akan dikenai denda.

Tidak membuang sampah di sembarang tempat
Membuang sampah sembarangan dan meludah merupakan perilaku tidak baik dan akan berujung pada denda di Arab Saudi.

Jangan lupa membersihkan kotoran binatang peliharaan
Anda berencana membawa binatang peliharaan saat traveling ke Arab Saudi? Pastikan tidak lupa membersihkan kotorannya. Sebab, melanggar aturan ini bikin Anda dikenakan denda.

Dilarang mengambil gambar tanpa izin
Saat berada di Arab Saudi, Anda juga dilarang untuk mengambil gambar orang lain maupun kecelakaan lalu lintas tanpa izin dari pihak yang bersangkutan. Mengambil gambar milik orang lain tanpa izin dianggap sebagai tindakan yang tidak terpuji di sana.

Tidak melewati pembatas di kawasan publik
Siapa saja yang sengaja melewati titik atau garis pembatas di ruang publik akan didenda sebesar 500 riyal atau sekitar 1,8 juta rupiah. [GP]

SHARE