Liburan Tetap Menyenangkan Walau Kerjaan Numpuk - Male Indonesia
Liburan Tetap Menyenangkan Walau Kerjaan Numpuk
Sopan Sopian | Relax

Melepaskan diri dari pekerjaan itu baik untuk kesehatan mental. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Industrial Health menemukan bahwa melepaskan mental dari pekerjaan memiliki manfaat psikologis positif.

Photo: Putu Suardiana dari Pixabay 

Jika Anda merasa stres dan kewalahan karena pekerjaan kantor di musim liburan, jangan paksakan untuk tetap meluangkan waktu untuk liburan. Beri diri Anda hadiah istirahat mental dari pekerjaan. 

Malansir laman Bustle, Emily Brockway dan Marc Escapa dari Noken, sebuah layanan perjalanan baru yang mengatur perjalanan seimbang untuk orang-orang yang mengalami kesulitan dalam keluar dari pekerjaan secara mental, berbagi kiat untuk melepaskan diri dari kantor selama liburan.

Matikan Notifikasi Ponsel
Bukan rahasia lagi bahwa ponsel dapat menjadi sumber utama stres dan kecemasan yang tidak perlu. Untuk fokus bersama keluarga, teman, diri sendiri, dan bahkan hewan peliharaan selama liburan, maka matikan notifikasi ponsel Anda.

Notifikasi memang cara yang bagus untuk tetap mendapatkan berita terbaru mengenai pekerjaan, tetapi hal itu dapat mengganggu dan menimbulkan stres ketika Anda berada di luar kantor. Jadi, tenangkan pikiran Anda dan alihkan ponsel Anda pada mode 'jangan ganggu' sehingga Anda dapat menikmati waktu bersama orang-orang tercinta.

Lupakan Sejenak Pekerjaan dari Kepala
Stres dalam kehidupan kerja seringkali membuat seseorang lupa akan kehidupannya sendiri. Memilih untuk menyelesaikan pekerjaan membuat Anda lupa untuk membuat kenangan indah dengan orang-orang terkasih. Maka, salah satu cara melepaskan atau lupakan diri dari pekerjaan selama liburan adalah dengan tidak memikirkan pekerjaan sehingga Anda bisa melakukan kegiatan dan berinteraksi secara baik dengan orang-orang tanpa ada pikiran yang menganggu.

Prioritaskan Kehidupan Pribadi
Bukan rahasia lagi bahwa tuntutan pekerjaan dapat mengakibatkan Anda mengabaikan kehidupan pribadi. Membuat daftar tugas pribadi dan profesional yang terpisah memang suatu tantangan, terutama selama musim liburan ketika tenggat waktu kerja dapat mengganggu waktu khusus bersama keluarga dan teman.

Maka, kembalikan waktu Anda di musim liburan ini dengan menjadikan kehidupan pribadi Anda sebagai prioritas nomor satu. Apakah itu dengan keluarga dan teman-teman atau menetap selama seminggu untuk perawatan diri.

Tetapkan Tujuan Positif
Meskipun Anda memiliki tujuan untuk melepaskan diri dari pekerjaan selama liburan, mungkin Anda tidak tahu bahwa cara Anda berbicara kepada diri sendiri tentang tujuan-tujuan tersebut dapat menentukan apakah Anda akan berhasil atau tidak.

Banyak orang gagal mengubah perilaku mereka karena terlalu fokus pada apa yang tidak akan mereka lakukan daripada tindakan yang akan mereka ambil. Maka mulai saat ini sebaiknya Anda fokus pada tindakan yang akan Anda ambil untuk menetapkan tujuan yang positif.

Yakin Semua akan Baik-Baik Saja
Terkadang orang terlalu terjebak dalam pekerjaan sehingga mereka pikir semuanya penting. Padahal, jika ada keadaan darurat, bos Anda kemungkinan akan menelepon atau mengirim pesan teks kepada Anda.

Jika masalah Anda adalah terus-menerus khawatir kehilangan email penting, pergilah tanpa memeriksa email dan temukan bahwa semua pekerjaan yang perlu Anda lakukan masih ada di pagi hari. Cobalah untuk menjalani sepanjang hari di akhir pekan tanpa memeriksanya. *** (SS)

SHARE