Banyak Cara Bersikap Dewasa untuk Jalani Hubungan - Male Indonesia
Banyak Cara Bersikap Dewasa untuk Jalani Hubungan
Sopan Sopian | Relationships

Semua orang, saat menjalani hubungan tentu ingin memiliki hari-hari yang menyenangkan, sedikit konflik dan lebih banyak kemesraan sekaligus keharmonisan. Namun hal tersebut harus didukung dengan sikap dewasa.

Photo: Free-Photos dari Pixabay

Pria adalah salah satu pihak yang paling dituntut untuk bersikap ini. Bersikap dewasa dalam menjalani sebuah hubungan sangat diperlukan. Pasalnya, antar pasangan harus saling membimbing. 

Apa jadinya kalau Anda tidak memiliki pemikiran dewasa, pasti akan sulit menuntun pasangannya. Lantas, bagaimana caranya bersikap dewasa dalam membina hubungan? Seperti melansir laman Boldsky, berikut delapan tips yang bisa Anda jalankan.

Percaya dan Respect pada Pasangan
Bila Anda sedang marah dengan pasangan karena perbedaan pendapat misalnya, tetaplah hargai dia. Selesaikan masalah dengan matang dan dewasa.

Tunjukkan Komitmen
Kalau Anda memang benar-benar serius akan suatu hal dan sudah Anda katakan pada pasangan, penuhi itu. Dari sini, dapat terlihat seberapa tulus Anda pada hubungan yang dibina dengannya.

Jangan Berharap Pasangan Sempurna
Pasangan juga manusia, wajar apabila dia memiliki kekurangan. Jaga emosi Anda agar tidak mengucapkan kata-kata negatif terkait kekurangannya saat Anda sedang berseteru dengannya. Terimalah dia apa adanya.

Sabar dan Toleransi
Masalah akan selalu datang dalam hubungan di antara kalian berdua. Sabarlah dalam pertengkaran dan tetap toleransi. Kedewasaan Anda diukur saat menghadapi permasalahan dengannya, tenang dan sabar menghadapai situasi sulit.

Jangan Bersikap Egois
Dalam mempertahankan suatu hubungan, Anda harus menghargai keputusan pasangan. Buang jauh-jauh rasa egois Anda agar hubungan tetap harmonis dan berjalan dengan baik.

Menempatkan Kebutuhan Pasangan Sebelum Anda
Anda perlu memahami kebutuhan pasangan. Jangan selalu menginginkan kebutuhan Anda untuk selalu didahulukan. Tidak hanya kedewasaan, kepedulianmu pada pasangan juga akan terlihat dari sini.

Memahami Perspektif Pasangan
Anda dan dia pasti pernah mengalami perbedaan sudut pandang. Namun, Anda harus memahami bagaimana caranya melihat sesuatu. Tingkat kedewasaan Anda akan dapat dinilai dari bagaimana cara Anda mengambil keputusan dengan pertimbangan keputusan dua belah pihak.

Menerima Kesalahan
Akui kalau memang perbuatan Anda itu salah dan jangan lupa meminta maaf. Namun, Anda juga perlu memberikan pengertian pada pasanganmu apabila perbuatannya salah.

Jadi, hubungan yang baik dan bertahan lama tidak hanya dipertahankan sepihak saja. Antara Anda dan dia harus sama-sama mempertahankannya, misalnya dengan bersikap dewasa. *** (SS)

SHARE