Cara Menikmati Waktu Saat Transit di Bandara - Male Indonesia
Cara Menikmati Waktu Saat Transit di Bandara
Sopan Sopian | Relax

Anda pernah melakukan penerbangan jarak jauh yang membutuhkan satu atau dua kali transit. Waktu transit yang cukup lama terkadang akan membuat Anda merasa bosan dan lelah menunggu. 

Photo by Victor Freitas from Pexels

Padahal, transit penerbangan bukanlah sesuatu yang harus ditakuti. Berikut ini beberapa tips untuk menikmati waktu Anda menunggu, dan bahkan mengubahnya menjadi salah satu pengalaman menyenangkan dalam perjalanan Anda.

Teliti Bandara Tempat Anda Transit
Awali persiapan Anda dengan meneliti bandara tempat transit. Cari tahu apakah ada sarana rekreasi yang tersedia, seperti restoran, pusat perbelanjaan, ataupun kegiatan lainnya.

Beberapa bandara di dunia bahkan dilengkapi dengan bioskop, museum, atau pusat kebugaran. Bandara bersarana lengkap biasanya terletak di kota-kota besar, dan menawarkan pilihan hiburan bagi semua orang yang bepergian selama berjam-jam.

Hanya saja, sebelum mulai berkeliling, sebaiknya kunjungi terlebih dahulu situs web bandara untuk mengetahui informasi lokasi dan waktu operasional sarana tersebut secara terperinci. Jika situs web bandara menyediakan peta, cetak, dan tandailah area yang menarik bagi Anda sebelum penerbangan.  

Selipkan Sedikit Olahraga
Penerbangan jarak jauh bisa membuat Anda mengalami dehidrasi, kelelahan, dan nyeri tubuh, suatu kombinasi dampak akibat tekanan kabin yang tinggi, kelembapan udara yang rendah, dan sering kali, jarak tempat duduk yang sempit.

Untuk mengatasi masalah ini secara efektif, carilah area terbuka atau area yang cukup luas untuk berolahraga sejenak tanpa mengganggu calon penumpang lainnya. Tips khusus: Carilah jalur terbuka atau area yang dilengkapi dengan jalur berjalan (travelator), para penumpang biasanya lebih memilih menggunakan jalur berjalan ini daripada berjalan sendiri di sebelahnya, dengan begitu area yang kosong dapat Anda manfaatkan sebagai jalur joging instan.

Jika Anda hanya mampu menemukan ruang yang sempit, lakukan peregangan sejenak dan olahraga statis dengan gerakan push-up dan jongkok-berdiri berulang-ulang. Olahraga bukan hanya suatu kegiatan yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu, namun juga dapat merangsang pelepasan endorfin yang membuat Anda merasa segar dan bahagia sehingga Anda siap menjalani perjalanan tahap selanjutnya dengan tubuh yang lebih bugar.

Beristirahat di Lounge Bandara
Jika Anda masih harus menunggu lebih lama lagi, pertimbangkan faktor kenyamanan dengan membeli tiket masuk lounge bandara. Ruangan ini biasanya dilengkapi ruang duduk yang lebih nyaman, WiFi gratis, serta camilan dan minuman gratis.

Dengan menelitinya terlebih dahulu, Anda bisa mengetahui apakah bandara tempat transit menyediakan lounge umum, atau lounge privat yang dikelola oleh perusahaan penerbangan. Kedua pilihan lounge tersebut sama-sama menawarkan sarana yang dapat mengurangi rasa tidak nyaman Anda selama menunggu, dan bahkan menyediakan kamar mandi air panas untuk Anda menyegarkan diri.

Simpan Bagasi Anda Jika Mungkin
Jadi, sekarang Anda siap berkelana mengelilingi bandara. Untuk memaksimalkan kenyamanan Anda berkeliling, cari tahu apakah bandara itu menyediakan layanan penyimpanan bagasi yang aman selama transit.

Bawalah tas jinjing berisi barang-barang berharga, uang tunai, dan paspor, dan simpan tas lainnya di lokasi aman mana saja yang disediakan bandara. *** (SS)

SHARE