Trik Atasi Susah Tidur Bagi Pekerja Kantoran - Male Indonesia
Trik Atasi Susah Tidur Bagi Pekerja Kantoran
Sopan Sopian | Sex & Health

Biasanya para pekerja kantoran ingin langsung tidur selepas pulang kerja, karena sudah sangat lelah. Namun, kebanyakan pekerja kantoran justru mengalami kesulitan tidur. Penyebab utama dari sulit tidur ini biasanya terlalu banyak pikiran.

tidur kantor - Male IndonesiaPhoto:Simon Law/Flickr.com

 

Beban pekerjaan dan rotasi pada jam kerja memang kerap membuat orang-orang kantoran mengalami insomnia. Pada akhirnya, insomnia tidak hanya memberikan gangguan bagi kesehatan, tetapi juga kualitas pekerjaan. Bayangkan saja, jika kehilangan jam tidur pada malam hari, besoknya tentu akan sangat mengantuk dan tidak bisa bekerja secara maksimal.

Jangan diabaikan jika kondisi itu terlalu sering terjadi, karena bisa mengarah ke gangguan tidur. Untuk mengatasi masalah susah tidur, mengutip dari berbagai sumber, pekerja kantoran bisa mengikuti tips berikut.

Mandi Air Hangat
Ada sensasi relaksasi saat kamu mandi air hangat sebelum tidur. Kucuran air hangat di badan, terutama di punggung bisa jadi sarana relaksasi yang mujarab. Mandi air hangat dapat memperlancar sirkulasi darah, membikin rileks, dan mengenyahkan penat di kepala, sehingga tidur malam bisa lebih rileks.

Bikin Ruang Ideal untuk Tidur
Menciptakan lingkungan kamar tidur yang tenang dan sejuk adalah kunci tidur terlelap. Anda bisa memilih nuansa kamar yang nyaman dengan bantuan beberapa perangkat sesuai kebutuhan.

Gunakan Bantal dan Guling
Anda bisa menggunakan bantal, guling, bedcover dan seprai yang membuat diri nyaman. Jangan terlalu sederhana hanya dengan menggunakan seprai bermotif bunga-bunga agar merasa seperti di taman, karena itu hanya sedikit membantu tidur lelap.

Mematikan Gadget
Salah satu alasan utama terjaga sampai larut malam adalah karena gadget. Jauhkan pekerjaan di kantor Anda dari tempat tidur. Jadi, matikan dan simpan gadget Anda agar tidur lebih lelap.

Jangan Menonton Film Horor
Setiap tayangan visual dapat mengganggu pikiran, misalnya film horor atau menyeramkan. Hal ini dapat membuat Anda terjaga sampai larut malam.

Hindari rokok, Alkohol, dan Kopi
Tanpa Anda sadari, tak hanya kopi saja yang dapat membuat seseorang mengalami sulit tidur. Minuman beralkohol dan rokok juga dapat berisiko membuat sulit tidur. Hal ini disebabkan oleh kandungan nikotin di dalam rokok yang dapat berperan sebagai stimulan hingga membuatmu terus terjadi. 

Jadi, cobalah untuk menghindari ketiga hal tersebut jika ingin tidur pulas. Hindari minum kopi setidaknya 8 jam sebelum waktu tidur dan hindari rokok serta minuman beralkohol menjelang waktu tidur. *** (SS)

SHARE