Di Luar Arena, Marquez Kerap Latihan Motocross - Male Indonesia
Di Luar Arena, Marquez Kerap Latihan Motocross
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Siapa sangka ternyata setiap pembalap motor tidak hanya terpaku dalam satu motor yang ditungginya saja. Misalnya pembalap MotoGp, tidak melulu menunggangi motor besar yang harus berbelok menggunakan lutut. Tetapi juga kadang berlatih mengendari motor ramping seperti motocross.


Photo: Materialscientist/Wikipedia

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mencatatkan rekor tidak menyenangkan sepanjang musim MotoGP 2018. The Baby Alien terjatuh sebanyak 23 kali dari 18 seri. Angka tersebut memang mengalami penurunan dibandingkan musim 2017 yang mencapai 27 kali mencium aspal!

Rekornya musim ini jauh lebih baik dibandingkan pada MotoGP 2018. Marc Marquez baru terjatuh sebanyak enam kali dengan satu di antaranya terjadi pada balapan, yakni MotoGP Amerika Serikat 2019 di mana dirinya gagal meneruskan dominasi di Austin.

Marc Marquez sempat mengatakan kalau mental dan fokus yang lebih baik, menjadi kunci di balik turunnya jumlah kecelakaan. Selain itu, latihan motocross juga cukup berguna karena membuat dirinya lebih waspada akan segala perubahan dalam waktu singkat di lintasan balap.

“Saya memulai semuanya dengan motocross, tidak hanya latihan, tetapi ini adalah passion. Saya benar-benar menikmati mengendarai motor motocross,” kata Marc Marquez, dilansir dari Speedweek.

Marquez juga menuturkan, setiap putaran sangat berbeda di trek motocross, terutama jalur balap. Anda harus merespons dengna cepat untuk mencari cara agar tidak kehilangan kecepatan. 

Marquez kerap berlatih di MX track, bersama mantan juara MX asal Spanyol, Jose Luis Martinez dan adiknya, Alex. "Motocross benar-benar membantu menghindari kecelakaan atau membantu merespons dengan baik di motor MotoGP,” imbuh pria berusia 26 tahun itu.

Minimnya jumlah kecelakaan membuat Marc Marquez bisa tampil dominan di MotoGP 2019. Juara dunia MotoGP 2018 itu sudah berhasil memenangi delapan seri sepanjang musim ini. Pria berkebangsaan Spanyol itu bahkan berpotensi menyegel gelar juara dunia MotoGP 2019 pada GP Thailand akhir pekan ini.

Beberapa pembalap MotoGP memang dikenal suka menggeber motorcross di sela-sela kompetisi, maupun saat senggang. Selain Marc Marquez, beberapa pembalap lain yang juga menggemari motocross antara lain Valentino Rossi, Fabio Quartararo, Danilo Petrucci, hingga Andrea Dovizioso. *** (SS)

SHARE