Indahnya Pantai Bama di Taman Nasional Baluran - Male Indonesia
Indahnya Pantai Bama di Taman Nasional Baluran
Gading Perkasa | Relax

Selama ini Taman Nasional Baluran identik dengan wisata savana. Padahal, taman nasional itu memiliki pantai yang indah. Dia adalah Pantai Bama.

Photo: wikimedia commons

Lokasinya yang berada di ujung taman nasional, membuat Pantai Bama relatif jarang dikunjungi oleh wisatawan. Karena itu, biota lautnya tumbuh dengan baik, bahkan terumbu karang di Baluran terbilang istimewa.

Secara administrasi, Pantai Bama masuk ke dalam wilayah Kabupaten Situbondo. Untuk bisa sampai ke lokasi pantai, wisatawan harus melewati gerbang masuk Taman Nasional Baluran yang berada di Jalan Banyuwangi - Situbondo km 35, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.

Dari gerbang Taman Nasional Baluran menuju lokasi Pantai Bama berjarak sekitar 8 km.

“Jalan membelah Taman Nasional Baluran kini sudah mulus, beraspal hotmix dan bisa dilalui berbagai kendaraan,” kata Koordinator Perencanaan, Program, Kerja Sama, dan Pelayanan Taman Nasional Baluran, Arif Pratiwi.

Sebelumnya, dari pintu masuk Taman Nasional Baluran menuju Padang Savana Bekol, perjalanan menempuh waktu sekitar 1 - 2 jam. Usai diaspal, melintasi Savana Bekol hanya butuh waktu 45 menit. Jalan menuju Pantai Bama pun kini sudah terbilang mulus.

Setiba di Pantai Bama, wisatawan bakal dimanjakan pemandangan hutan bakau. Di hutan bakau yang lebat itu, kera liar dan burung tampak di pepohonan mangrove. Inilah yang menjadi keunikan hutan bakau Pantai Bama.

Untuk menikmati hutan bakau, pengunjung bakal melewati jembatan yang dibangun di sela-sela hutan bakau. Jembatan ini fungsinya sebagai jalan setapak.

Berjalan ke barat menyusuri jalan, Anda bisa menyaksikan detail tumbuhan mangrove berujung pada jembatan pandang. Ujung jembatan pandang yang teduh kerap menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai, yang ingin melakukan aktivitas memancing.

Meski terdapat di ujung taman nasional, Pantai Bama layak disebut sebagai harta karun di Taman Nasiona Baluran. Fasilitas penunjangnya juga lengkap, seperti kamar bilas, rumah makan, dan tempat istirahat.

Sesampai di sana, selain bersantai di hutan bakau atau pasir putih, Anda bisa melakukan banyak aktivitas, mulai dari snorkeling hingga berenang. [GP]

SHARE