Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Kerja | Male Indonesia - Men in Life Men in Style
Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Sambil Kerja
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Olahraga sambil kerja kenapa tidak. Banyak gerakan olahraga dilakukan tanpa harus meninggalkan meja kerja Anda. Meski gerakan ini sepele tentu memiliki manfaat yang besar jika rutin dilakukan.

Olahraga sambil kerja pexels.com

Semua orang tentu telah mengetahui bahwa duduk terlalu lama dapat berisiko terkena beragam penyakit, seperti jantung, diabetes tipe 2, hhingga kanker dan obesitas. Meski penyakit ini dapat menghampiri lima hingga 10 tahun ke depan, tentu baiknya diantisipasi sejak dini.

Namun, ada rasa sakit yang langsung menyerang Anda saat duduk terlalu lama di meja kerja. yaitu sakit leher dan tulang belakang. Ini karena duduk yang terlalu lama ditambah dengan posisi yang tidak nyaman. Cara memgatasinya Anda bisa melaukannya tanpa harus meninggalkan meja kerja Anda. berikut olahraga sambil kerja di kantor.

1. Lakukan Berulang Kali Duduk-Berdiri

Sebagai pemanasan, Anda bisa melakukan duduk dan berdiri secara berulang. Ingat jangan menggunakan bantuan tangan. Mulai dengan duduk tegap dan kaki menjajak tanah membentuk 90 derajat. Tekan ke bawah dari tumit Anda, cobalah untuk tidak menggerakkan kaki ke kursi Anda atau gunakan lengan Anda (luruskan kedua tangan ke depan), dan usahakan bahu tetap dibuka lebar dan tulang punggung dalam posisi tegak tapi tidak tegang. Sekarang, coba berdiri. Dari posisi berdiri, pelan-pelan kembali duduk tegak sambil menahan diri untuk tidak condong ke depan dan/atau menggeser pinggul ke satu sisi atau sisi yang lain. Ulangi 5 sampai 10 kali.

2. Peregangan Tangan

Letakkan tangan di atas pangkuan, dengan satu telapak telungkup di atas telapak yang terbuka. Lengan harus membentuk garis lurus dari siku ke siku. Kemudian, geser sedikuit kedua tangan, tekuk jari-jari, dan kunci jari-jari itu. Tarik sekuat mungkin tetapi usahakan agar ikatan jari-jari tidak lepas. Istirahat dan kemudian ulangi lagi. Latihan isometrik ini dapat memperkuat otot pada bahu, dada, bisep, dan trisep tanpa harus meninggalkan meja kerja.

3. Putar badan

Duduk dalam posisi tegap. Tarik napas perlahan dan saat Anda menghembuskan napas, pelintir tubuh atas ke kanan dan genggam sandaran kursi Anda dengan tangan kanan. Dengan leher yang tegak lurus dan mata yang menatap ke depan, gunakan bantuan pegangan Anda di kursi sebagai tuas untuk membantu memutar tubuh Anda sejauh mungkin ke bagian belakang kursi. Tahan selama beberapa detik, gunakan waktu ini untuk melihat ke sekitar seberapa jauh Anda bisa memandang sekitar ruangan Anda. Perlahan kembali menghadap ke depan. Ulangi untuk sisi lainnya.

4. Berputar dengan Kursi

Gerakan ini membutuhkan kursi putar dan hanya bisa dilakukan saat ruangan sedang kosong. Angkat kaki dan kemudian usahakan agar kursi berputar dengan melakukan gerakan menendang ke samping. Sentakkan kaki agar terjadi momentum yang tepat dan kursi bisa berputar. Perhatikan berapa putaran yang bisa Anda buat hingga tubuh lelah. Selain sehat, gerakan ini juga menyenangkan.

5. Push up di meja

Olaharaga sambil kerja juga bisa melakukan bentuk push up. Salah satu caranya dengan tumpu berat badan Anda dengan menempatkan kedua tangan lurus sejajar bahu sambil menggenggam pinggiran meja. Dorong kaki Anda ke belakang sehingga badan Anda berada diagonal pada lantai. Jajakkan kaki semantap mungkin di lantai, tarik napas saat Anda menekuk siku ke sudut 90 derajat, memeluk siku ke arah tulang rusuk layaknya push up. Buang napas dan dorong dada Anda kembali ke atas di posisi awal. Ulangi 8 sampai 12 kali.

6. Peregangan Leher

Duduk tegap di kursi Anda. Angkat tangan kanan ke atas kepala dan luruskan. Kemudian dengan tangan kanan tarik lembut kepala ke arah bahu sampai terasa ada sedikit peregangan pada otot leher. Tahan pose selama 10-15 detik. Bergantian sekali di setiap sisi.

7. Pindah Toilet

Memanfaat toilet juga bsia menjadi salah satu gerakan olahraga sambil kerja, yaitu gerakan berjalan kaki. Dibanding berjalan sebentar untuk pergi ke toilet terdekat, cobalah untuk memilih toilet di lantai lain. Yang paling penting, jangan menggunakan lift atau perpindahan toilet tidak akan ada manfaatnya. Setiap tambahan tangga yang dilalui, semakin positif hasil yang didapat. **

SHARE