Klub Olahraga Menembak di Bawah Naungan Perbakin - Male Indonesia
KOMUNITAS
Klub Olahraga Menembak di Bawah Naungan Perbakin
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Olahraga menembak dapat menjadi alternatif untuk melepas stres dari rutinitas harian. Selain itu, olahraga ini juga bermanfaat dalam meningkatkan fokus terhadap objek.

Photo: raidershootingclub/Instagram

Di Ibukota, ada sebuah komunitas yang bisa menjadi alternatif bagi para penggiat olahraga menembak. Menurut Wahyu, pengurus Raider Shooting Club, olahraga ini dapat mencetak atlet berbakat.

“Raider Shooting Club berdiri dari sebuah kegelisahan penghobi olahraga menembak yang membutuhkan naungan legalitas secara hukum untuk menyalurkan hasrat hobi mereka dalam bidang menembak dan mengkonversikan hobinya menjadi prestasi,” tutur Wahyu kepada MALE Indonesia.

Ia juga menyebut, Raider SC bertujuan untuk memberi sumbangsih prestasi di tanah air dalam hal menembak. “Ini sekaligus mewujudkan klub olahraga yang handal dan profesional dalam mencetak atlet bertalenta,” tuturnya lagi.

Photo: raidershootingclub/Instagram

Komunitas Raider Shooting Club didirikan pada 3 Maret 2015 di Jakarta. Kemudian pindah ke Bekasi sejak 28 Desember 2018, yang mendapat legalitas ulang dari Perbakin Pengcab Kota Bekasi. Jumlah anggota klub ini sekarang mencapai 3.000 orang di seluruh Indonesia.

Ditambahkan oleh Wahyu, banyak syarat harus dipenuhi bagi siapa saja yang hendak bergabung ke dalam Raider SC.

“Syaratnya, pria atau wanita yang sehat secara jasmani dan rohani, melengkapi dokumen seperti foto KTP, SKCK, dan foto setengah badan. Bagi calon atlet yang masih berusia di bawah 17 tahun wajib menyertakan surat izin dari orang tua.”

“Masing-masing calon wajib menjalankan prosedur dan tata tertib anggota, antara lain memberi dot warna oranye pada ujung laras supaya membedakan unit yang bersifat senjata dan alat olahraga, tidak melakukan hal-hal negatif seperti pengancaman atau tindak kriminal menggunakan unit olahraga, tidak membawa unit dengan cara standby gas atau peluru, unit hanya dioperasikan di lapangan tembak atau sarana olahraga.”

Hingga kini, kegiatan rutin yang dilakukan Raider SC yaitu bakti sosial, pembinaan atlet menembak, perlombaan antar penembak tingkat Jawa Barat, latihan rutin anggota menggunakan air softgun setiap hari, serta latihan dengan senjata api satu minggu sekali.

Photo: raidershootingclub/Instagram

Selama berdiri, Wahyu mengaku ada saja kendala yang ditemui. Namun itu tidak menyurutkan semangat para anggota klub. “Ya pasang surut pasti ada. Semangat teman-teman atlet berlatih turun itu wajar. Belum lagi fasilitas sarana dan prasarana yang harganya luar biasa tinggi, serta dinamika antar pengurus,” ucap Wahyu.

Dalam waktu dekat, Raider SC akan mengadakan kegiatan berupa family gathering para anggotanya. “Rencananya tanggal 12-13 Oktober 2019, tapi pesertanya tidak banyak. Sekitar 30-50 orang. Tahun depan, mudah-mudahan ada agenda open tournament tingkat provinsi, untuk waktunya masih dalam pengkajian.”

Bagi penyuka olahraga menembak, Wahyu memberi sedikit saran. “Selalu junjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan prosedur penggunaan, serta tidak menggunakan unit olahraga untuk tindakan di luar kepentingan berolahraga,” kata dia. [GP]

SHARE