KIA Bakal Hadirkan Picanto Versi Listrik - Male Indonesia
KIA Bakal Hadirkan Picanto Versi Listrik
Gading Perkasa | Sport & Hobby

Meningkatnya permintaan mobil listrik di pasar Eropa, membuat pabrikan asal Korea Selatan, KIA, turut tertarik untuk bermain di segmen tersebut. Sebagaimana dilansir dari Autoindustriya, KIA santer dikabarkan tengah menyiapkan model Picanto terbaru, yang digadang-gadang akan hadir dengan tenaga listrik murni.

Photo: wikimedia commons

Pemilihan KIA Picanto sebagai mobil listrik murni sendiri dinilai sebagai suatu hal yang paling relevan. Di samping karena tingginya permintaan pasar mobil Eropa terhadap model hatchback, kiprah Picanto yang saat ini sedang menurun, tentu juga bisa menjadi pertimbangan KIA untuk menyegarkan mobil buatan mereka.

Ditambah lagi, adanya undang-undang emisi yang ketat di Eropa, membuat peluang Picanto hadir dengan versi listrik murni, menjadi lebih terbuka.

“Salah satu alasan utama perlu beralih, adalah kenyataan bahwa mereka harus mematuhi undang-undang emisi yang lebih ketat di Eropa,” ujar Emilio Herrara, Chief Operating Officer KIA Motors Europe, melansir dari Autoindustriya.

Jika Picanto akan hadir dengan tenaga penggerak listrik murni, agaknya juga bukan perkara mudah bagi pabrikan untuk memenangkan persaingan di segmen tersebut. Pasalnya, selain harus tetap berinovasi dalam hal teknologi dan desain, KIA juga dituntut cerdas mengatur harga mobil listrik, agar memiliki harga yang terjangkau.

Permasalahan harga yang terlampau tinggi pada mobil listrik saat ini memang menjadi momok tersendiri bagi para konsumen. Tingginya harga baru yang ditawarkan pabrikan mobil membuat mereka harus berpikir dua kali sebelum memutuskan beralih ke mobil listrik.

Beberapa cara bisa dimanfaatkan oleh KIA dalam menekan biaya produksi mobil listriknya. Seperti mengembangkan dan memproduksi mobil listrik tersebut, secara bersama-sama dengan pabrikan Korea Selatan lainnya, yaitu Hyundai.

Kedua merek ini, dinilai sangat berpotensi untuk melakukan kerja sama dalam mengembangkan mobil listrik berbasis hatchback. Apalagi keduanya saat ini sama-sama memiliki model hatchback pada jajaran produknya. KIA memiliki Picanto, sementara Hyundai memiliki i10.

Kendati proses pembuatannya masih memakan waktu lama, banyak pihak sangat yakin KIA berencana merealisasikan mobil listriknya untuk memenuhi kebutuhan pasar Eropa. [GP]

SHARE