Alasan Homestay Lebih Baik untuk Traveler - Male Indonesia
Alasan Homestay Lebih Baik untuk Traveler
Gading Perkasa | Relax

Ketika liburan, akomodasi penginapan jadi pertimbangan utama. Budget dan fasilitas adalah penentu pilihan traveler.

Homestay - Male IndonesiaPhoto by Oanh MJ on Unsplash

Berbagai jenis penginapan bisa dipilih. Selain hotel, ada vila, motel, hostel, aparthotel, resort, guest house, hingga homestay. Ketimbang jenis penginapan lain, homestay punya beberapa kelebihan untuk beristirahat saat traveling. Apa saja kelebihannya? Check this out!

Biaya penginapan lebih terjangkau
Sebagaimana telah dijelaskan di paragraf sebelumnya, budget menjadi penentu utama ketika memilih penginapan. Dibanding hotel, biaya menginap di homestay lebih ramah dompet.

Homestay merupakan rumah warga yang menyewakan beberapa kamar di dalamnya. Fasilitasnya juga tergantung pada apa yang disediakan pemilik rumah.

Dapat kenalan baru
Menginap di homestay memungkinkan Anda berinteraksi dengan warga atau wisatawan lain. Suasana pun lebih akrab. Jadi, Anda bisa punya banyak teman baru, bahkan gebetan baru.

Bisa menampung orang banyak
Umumnya, homestay dipilih sebagai alternatif penginapan untuk rombongan. Selain menampung orang dalam jumlah banyak, seluruh anggota rombongan bisa berkumpul di satu atap.

Fasilitas makan lebih lengkap
Jika menginap di hotel, Anda hanya akan memperoleh fasilitas makan pagi alias sarapan. Bedanya, di homestay, Anda bisa mendapat sarapan dan makan malam. Jadi tidak usah bingung mencari makan saat malam datang.

Mengenal destinasi wisata lebih dalam
Ini merupakan salah satu keuntungan lain yang tidak akan Anda temukan apabila menginap di hotel. Saat memilih homestay, Anda akan bertemu pemilik rumah atau wisatawan lain sebagai tetangga.

Nah, itu waktunya untuk menggali informasi mengenai destinasi wisata yang akan Anda kunjungi. Dari mereka, informasi lebih akurat dan Anda lebih paham lokasi wisata yang hendak dituju.

Solo traveler tak kesepian
Kalau mau liburan sendirian, tak jadi masalah. Sesampainya di homestay, Anda tak akan merasa kesepian. Pastikan homestay yang akan Anda tinggali membuka kamar untuk umum. Sebab, banyak homestay menyewakan dengan harga paket. Artinya, Anda menginap satu orang atau 15 orang sekalipun, harganya tetap sama.

Jam checkout lebih fleksibel
Saat menginap di hotel, Anda akan diingatkan resepsionis begitu waktu menginap hampir habis. Di homestay, Anda bisa bernegosiasi dengan pemilik rumah. Bila hubungan baik telah terjalin, tentu mereka tidak keberatan Anda melakukan late checkout cukup lama. [GP]

SHARE