Riset: Tren Pembelian Smartphone dan PC Menurun - Male Indonesia
Riset: Tren Pembelian Smartphone dan PC Menurun
Gading Perkasa | Digital Life

Beberapa waktu lalu, Gartner merilis penelitian mereka mengenai pasar perangkat global. Kali ini, bukan perangkat smartphone saja yang mendapatkan perhatian. Mereka juga mengeluarkan data mengenai PC dan tablet dalam penelitian tersebut.

Photo: Piqsels

Para peneliti mengatakan bahwa penjualan semua lini perangkat elektronik secara global di 2019 akan mengalami tren penurunan. Mereka memperkirakan penurunannya hingga 3,7 % jika dibandingkan dengan tahun 2018.

Lebih lanjut, mereka mengatakan industri smartphone akan terpukul dengan cukup hebat. Beberapa vendor seperti Samsung, Huawei, bahkan Apple akan mengalami penurunan penjualan hingga 3,2 %.

Hal ini pun dikarenakan smartphone premium saat ini memiliki daya tahan yang lebih lama. Perkembangan prosesor saat ini tidak terlalu signifikan, yang membuat performa smartphone premium bisa bertahan hingga dua tahun.

Akan tetapi, masih akan ada kesempatan bagi para vendor smartphone untuk meningkatkan penjualan mereka beberapa tahun ke depan. Ini dikarenakan smartphone dengan jaringan 5G akan bermunculan, membuat orang yang penasaran membeli perangkat berteknologi 5G.

Gartner mengharapkan basis pengguna 5G untuk tumbuh dari 3,5 juta unit pada tahun 2020 menjadi 48,6 juta unit pada tahun 2023. Hal ini akan meningkatkan jumlah penjualan dan mengamankan mengamankan 56 % pangsa pasar smartphone.

Pada 2028, penjualan handset siap 5G diperkirakan akan mencapai 324,1 juta unit di seluruh dunia.

“Segera setelah penyedia menyelaraskan klaim kinerja awal mereka untuk 5G dengan rencana konkret, kami berharap melihat lebih dari setengah penjualan ponsel pada tahun 2023 adalah ponsel 5G,” kata Ranjit Atwal, direktur riset senior di Gartner, seperti dikutip dari laman ZDNet.

“Sebagai akibat dari dampak 5G, pasar smartphone diperkirakan akan kembali ke pertumbuhan sebesar 2,9 % pada tahun 2020.”

Sedangkan, pasar PC secara umum juga akan mengalami penurunan hingga 1,5 % jika dibandingkan tahun 2018, menjadi 255,7 juta unit pada 2019 dibandingkan 259,7 juta unit pada 2018.

Gartner memperkirakan, permintaan pasar PC konsumen akan turun 9,8 % tahun 2019, memotong pangsa dari total pasar perangkat menjadi kurang dari 40 %.

“Peningkatan kolektif dalam daya jual PC konsumen akan menghasilkan 10 juta lebih sedikit penggantian perangkat hingga 2023. Dengan memuncaknya migrasi Windows 10, PC bisnis akan menurun sebesar 3,9 % pada tahun 2020 setelah tiga tahun pertumbuhan,” kata Atwal. [GP]

SHARE