Jangan Lengah, Kanker Payudara Juga Dapat Mengancam Pria - Male Indonesia
Jangan Lengah, Kanker Payudara Juga Dapat Mengancam Pria
MALE ID | Sex & Health

Banyak orang beranggapan bahwa bahaya kanker payudara hanya mengancam kaum hawa. Memang, bagi wanita sendiri penyakit tersebut merupakan penyakit paling menakutkan. Akan tetapi, bahaya kanker payudara juga bisa mengintai para pria. Benarkah demikian?

bahaya kanker payudara pexels.com

Tepat sekali. Menurut temuan dari para peneliti, kanker payudara bisa menimpa siapa saja, termasuk kaum adam. Hal ini terdengar aneh. Pada kenyataannya, baik wanita maupun pria memiliki organ payudara disertai sel-sel hormon yang sama. Pertumbuhan hormon esterogen yang melewati batas normal bisa mengakibatkan kanker payudara.

Baca juga: Mencegah Kanker Prostat Sejak Dini

Gejala awal kanker payudara pada pria sejatinya sama dengan wanita. Antara lain benjolan di sekitar payudara, pendarahan di puting, fungsi tubuh mengalami gangguan, nafsu makan berkurang serta merosotnya berat badan. Untuk mencegah bahaya kanker payudara pada pria, Anda disarankan mengikuti anjuran sebagai berikut:

Olahraga teratur

Seiring meningkatnya kadar hormon esterogen di dalam tubuh, maka pria cenderung rentan terinfeksi kanker payudara. Anda bisa melakukan olahraga secara teratur demi menurunkan kadar esterogen yang berlebih.

Jangan mengonsumsi daging yang dimasak terlalu lama

Hal ini wajib Anda perhatikan. Anda jangan pernah mengonsumsi daging yang dimasak terlalu lama. Meski daging itu diproses dengan cara direbus ataupun dipanggang. Pasalnya, senyawa karsinogenik di tubuh Anda akan meningkat dan menimbulkan kanker payudara.

Hindari lemak

Setiap tubuh manusia terdapat kandungan lemak. Di antaranya adalah lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Mengonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh berjumlah banyak bisa menumbuhkan sel-sel kanker payudara. Hindari konsumsi lemak dari sekarang.

Stop Minuman Beralkohol

Saat mengonsumsi minuman beralkohol, kandungan hormon esterogen semakin bertambah. Sel kanker pun berpotensi menyerang tubuh. Mulailah hidup sehat dengan berhenti mengonsumsi minuman beralkohol sedari sekarang.

Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran sangat bagus bagi tubuh manusia, karena memiliki antioksidan berjumlah tinggi. Di dalam kedua makanan ini juga terdapat serat. Sediakan buah berupa pisang atau apel sebelum Anda berangkat beraktivitas di pagi hari. Ingat, jangan buah atau sayur yang tinggi kadar lemaknya. Beruntunglah bagi Anda para pria. Risiko terbesar mengalami kanker payudara baru gencar terjadi saat Anda menginjak usia 60 tahun ke atas. Meski demikian, jagalah kondisi tubuh sebaik mungkin, oke?**GP

SHARE