Aksesori untuk Keselamatan Bersepeda Anda - Male Indonesia
Aksesori untuk Keselamatan Bersepeda Anda
Sopan Sopian | Sport & Hobby

Mengendarai sepeda bisa menjadi pengalaman yang paling menyenangkan jika Anda tetap aman dan menambahkan beberapa aksesori yang menyenangkan. Pengendara sepeda yang bersemangat tahu bagaimana rasanya merasakan kebebasan yang hanya bisa diberikan oleh sepeda.

Photo by Pixabay from Pexels

Banyak pengendara sepeda berpengalaman mengatakan bahwa sepeda adalah perpanjangan dari mereka. Ini cara mereka mengekspresikan sifat liar mereka. Bersepeda adalah cara hidup, tidak masalah jika Anda menggunakan sepeda untuk bertualang atau alat perjalanan ke tempat kerja.

Namun perlu diingat, bersepeda bisa menjadi kegiatan yang sangat berbahaya jika Anda ceroboh dan tidak menyadari kemungkinan cedera. Cidera benturan adalah yang paling umum. Untuk itu, Anda perlu memerhatikan keselamatan lewat sepada itu sendiri. 

Melakukan Penyetelan Tahunan
Kebanyakan cedera bersepeda terjadi karena kebanyakan orang tidak merawat sepeda mereka dengan baik. Anda mungkin tidak tahu bahwa bagian tertentu dari sepeda Anda tidak berfungsi dengan benar. Inilah sebabnya mengapa penyetelan tahunan diperlukan.

Jika Anda bukan pengendara sepeda yang berpengalaman, yang terbaik adalah Anda mengunjungi tempat Anda membeli sepeda. Minta profesional untuk memeriksa apakah semua bagian berkinerja sebagaimana mestinya. Jika Anda beruntung, mereka hanya perlu mengembang ban dan melumasi rantai sepeda.

Penyetelan tahunan biasanya mengungkapkan beberapa masalah mendasar yang lebih besar. Memeriksa sistem rem sangat penting karena rem dapat rusak seiring waktu jika tidak diganti. Selain itu, kabel rem dapat mulai mengendur seiring waktu, jadi Anda mungkin perlu menggantinya dengan yang baru.

Memeriksa drivetrain adalah bagian penting lainnya dari penyetelan tahunan. Drivetrain sepeda termasuk pedal, derailleur, rantai, cincin rantai dan kaset roda belakang. Jika rantai sepeda lepas pada tahun lalu, kemungkinan ada masalah mendasar dengan drivetrain. Masalah-masalah ini bisa sangat berbahaya karena Anda dapat dengan mudah kehilangan kendali.

Memiliki Lampu Keamanan Berkualitas Tinggi
Apakah Anda mengendarai sepeda di siang hari atau di malam hari, Anda harus memiliki lampu pengaman yang baik. Selalu ada pengguna jalanan lain di sekitar Anda serta objek lain di sekitar Anda yang perlu Anda ketahui. Inilah sebabnya mengapa Anda harus berinvestasi dalam beberapa lampu sepeda yang bagus.

Karena sepeda datang dalam berbagai bentuk, beberapa pengendara sepeda memiliki masalah dengan menemukan lampu yang sesuai, sehingga mereka menyerah dan pergi tanpa lampu. Ini sangat berbahaya.

Mengenakan Helm Pengaman Sepeda
Mengenakan helm sepeda sangat penting. Helm sepeda bisa menyelamatkan hidup Anda. Kecelakaan sepeda lebih sering terjadi daripada yang Anda bayangkan dan kecelakaan sepeda bisa sangat serius. 

Helm sepeda mencegah cedera kepala serius. Cidera kepala yang terjadi pada pengendara motor yang tidak memakai helm termasuk cedera pada leher, wajah, tengkorak, dan otak. Bahkan jika Anda tidak mencapai kecepatan tinggi dengan sepeda Anda, Anda masih bisa jatuh dan menabrak kepala Anda.

Tergantung pada cedera kepala, orang dapat mengalami pusing, mual, muntah, dan sakit kepala ringan hingga berat. Jika kecelakaan yang lebih besar terjadi saat orang tersebut tidak mengenakan helm, orang tersebut dapat mengalami perubahan perilaku, kebingungan, kehilangan ingatan, dan masalah tidur.

Sangat penting bagi Anda untuk memasang helm sepeda dengan benar. Pertama, Anda harus menyesuaikan bantalan yang pas atau cincin yang pas. Maka Anda perlu menyesuaikan tali. Setelah Anda mengenakan helm dengan benar, Anda seharusnya tidak melihat bagian depan ketika Anda melihat ke atas. Tali dagu harus cukup kencang. Dan Anda harus dapat dengan bebas membuka mulut Anda.

Mengikuti Aturan Jalan
Saat Anda berada di jalan, Anda menjadi salah satu peserta lalu lintas. Ini berarti Anda harus mengikuti aturan yang sama dengan yang lainnya. Pastikan semua gerakan Anda dapat diprediksi. Jangan berbelok tiba-tiba dan jangan tiba-tiba mengubah kecepatan.

Saat Anda berada di trotoar, pastikan Anda menggunakan bel sepeda. Jika Anda datang dari belakang, pejalan kaki tidak bisa melihat Anda. Mereka mungkin bergerak ke satu sisi kapan saja dan Anda dapat dengan mudah mengenai mereka.

Sama seperti pengemudi lain, pengendara sepeda harus fokus dan waspada setiap saat. Yang terbaik adalah Anda tidak memakai headphone karena Anda tidak akan dapat mendengar lalu lintas. Berhati-hatilah saat mengendarai saat hujan. Inilah saatnya Anda harus mengemudi dengan lambat.

Jika Anda tahu bahwa ada jalur sepeda yang mengarah ke lokasi yang Anda inginkan, pilihlah naik jalur sepeda daripada jalur acak. Pastikan ada cukup ruang antara Anda dan pengendara sepeda lainnya. Terkadang Anda akan menemukan hal-hal yang seharusnya tidak berada di jalur sepeda, seperti mobil yang diparkir dan peralatan konstruksi. Berhati-hatilah dengan itu.

Membawa Ransel Sepeda
Saat Anda berencana mengendarai sepeda sepanjang hari, Anda perlu mengepak ransel. Ini adalah langkah keamanan penting karena Anda tidak pernah tahu apa yang bisa terjadi selama perjalanan.

Jika Anda tidak memiliki tempat botol air di sepeda Anda, maka Anda dapat menaruh sebotol air di ransel. Sangat penting bagi Anda untuk terhidrasi dengan baik selama perjalanan. Dehidrasi dapat menyebabkan Anda merasa pusing dan kurang waspada. Orang yang mengalami dehidrasi bahkan dapat mengalami pingsan, yang sangat berbahaya bagi pengendara sepeda.

Anda harus mengemas sesuatu yang manis kalau-kalau gula darah Anda turun. Maka diperlukan membawa makanan di ransel Anda. Jika Anda akan naik sepeda di malam hari juga, Anda harus membawa baterai ekstra untuk lampu sepeda. Saat Anda membawa ransel, semua bisa Anda simpan di dalamnya. *** (SS)

SHARE